News

Caplok Holcim, Semen Indonesia Bakal Kuasai Pasar Domestik

Caplok Holcim, Semen Indonesia Bakal Kuasai Pasar Domestik. Pengambilalihan saham Holcim Indonesia ini dinilai akan semakin memperkuat posisi Semen Indonesia di pasar domestik. Saat ini di Indonesia terdapat 15 perusahaan semen dengan kapasitas terpasang sekitar 107 juta ton per tahun, di mana 63 persen dari kapasitas tersebut dikuasai pihak swasta dan pemain asing (global).

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk optimistis bisa menguasai pasar semen pada 2019 setelah mengakuisisi PT Holcim Indonesia Tbk melalui Perjanjian Pengikatan Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales & Purchase Agreement) sebesar 80,6 persen.

Kepala Unit Komunikasi Ekternal Semen Indonesia, Firdiansyah Oktarizky di Surabaya, Jumat (25/1/2019) , mengatakan, sebelum mengakuisisi Holcim pangsa pasar Semen Indonesia pada kisaran 39,4 persen, sedangkan Holcim 15,6 persen.

Baca Juga:  Desain Gedung Istana Negara Baru Dinilai Kurang Ecofriendly dan High Maintenance

“Dengan akuisisi ini, kami harapkan pasar semen nasional akan dikuasasi oleh Semen Indonesia atau sekitar 55 persen. Sisanya adalah oleh pemain lainnya,” kata Firdiansyah di Surabaya.

Akuisisi ini, kata dia, juga menjadikan pasar Semen Indonesia semakin kuat di berbagai daerah, karena adanya sinergi antara Semen Indonesia dan Holcim dalam pola penjualan.

“Kami harapkan keuntungannya pada 2019 bisa menjadi Rp4,3 triliun, atau ada peningkatan sekitar 40 persen dibanding tahun 2018,” katanya.

Terkait dengan nama merek Holcim setelah diakuisisi, Firdiansyah mengaku masih akan dirapatkan formulanya secara bersama-sama, kemudian akan diambil keputusan untuk penggunaan satau nama ke depanya.

Dalam catatan Antara, Holcim Indonesia merupakan perusahaan semen terbesar ketiga di Indonesia, dan memiliki 4 pabrik semen dengan kapasitas 14,8 juta ton per tahun dan 30 fasilitas ready-mix.

Baca Juga:  Booming Baterai Energy Storage Telah Memasuki Fase Baru

 

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker