Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Berkebun

Cara Membuat Taman Vertikal, Solusi Halaman Rumah Mungil

Cara membuat Taman Vertikal, Solusi Halaman Rumah Mungil. Taman selain mempercantik tampilan eksterior juga mempunyai beragam manfaat. Diantaranya mampu meredam polusi dan mensuplay oksigen. Selain itu juga bida dimanfaatkan sebagai tanaman obat maupun bumbu dapur. Namun seringkali keinginan untuk membuat taman terhambat oleh keterbatasan lahan teras depan dan belakang.

Namun, Keterbatasan lahan seharusnya bukan menjadi masalah. Sebab banyak kreasi taman vertikal yang bisa diterapkan dengan hasil yang tidak kalah maksimal. Jika Anda ingin membuat taman vertikal, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan, diantaranya:

 

Membuat Taman Vertikal: Tentukan Tipe Kebun yang Ingin Dibuat

Ada beraneka ragam jenis kebun vertikal yang bisa Anda pilih. Salah satu yang mudah dicoba ialah taman bergaya kontainer di mana beberapa pot tanaman digantung pada dinding atau sebuah pagar.

Jenis lain adalah ‘kebun gantung’ yang merupakan jenis tanaman yang media tanamnya langsung melekat dan tergantung secara vertikal. Biasanya kebun gantung ini terbuat dari material kain felt atau kanvas.

Baca Juga:  Berkebun di Apartemen? Mengapa Tidak!, Berikut Panduannya

Kebun vertikal juga bisa tumbuh di media yang terbuat dari plastik besar atau dinding tanam yang terbuat dari kayu. Buat lubang atau slot untuk menjadi tempat tanah dan bibit tanaman berkembang.

 

Membuat Taman Vertikal: Tentukan Lokasi Penempatannya

Kebun vertikal bisa diletakkan hampir di semua tempat, area dalam dan luar ruangan. Namun pastikan tempat tersebut mendapat paparan langsung atau hanya pantulan sinar matahari. Dan untuk penempatannya sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan asupan matahari tanamannya.

Dengan demikian jika Anda berencana menanam beberapa tanaman sukulen (seperti kaktus), maka Brian Sullivan, ahli kebun dari The New York Botanical Garden menyarankan untuk memilih lokasi yang mendapat setengah paparan sinar matahari.

taman vertikal minimalis
taman vertikal minimalis dan simple

 

Membuat Taman Vertikal: Memilih Jenis Tanaman

Selain sukulen, Anda juga bisa mencoba menanam tanaman herbal, sayur mayur, atau varietas lain seperti bunga-bungaan. Namun Anda disarankan memilih jenis tanaman dengan batang yang tipis dan lentur seperti sayuran, bunga, maupun tanaman herbal. Jadi ketika tumbuh semakin panjang, batangnya akan menjalar secara fleksibel ke bawah.

Baca Juga:  Kreasi Pot Bunga Unik untuk Taman Urban yang Stylish

 

Membuat Taman Vertikal: Mulai dengan Tanaman Dasar

Biasanya tanaman yang disusun di kebun vertikal lebih cepat mengering. Gaya gravitasi membuat air turun dengan cepat sehingga tanaman cenderung kering. Untuk itu gunakan tanah khusus untuk media tanam pot.

Dengan mengisi media tanam dengan tanah pot maka kelembaban tanah akan terjaga. Tanah jenis ini bersifat basah karena dicampur dengan pupuk kompos. Untuk itu, Anda disarankan menanam jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak air.

 

Membuat Taman Vertikal: Persiapan yang Matang

Sebelum membuat kebun vertikal, pastikan tanaman sudah memiliki akar yang kuat. Coba tanam di pot atau tanah secara horizontal selama beberapa minggu agar akar mencengkeram tanah dengan baik. Harus diingat bahwa gaya gravitasi mendorong tanah ke bawah sehingga dikhawatirkan jika langsung ditanam ke media vertikal tanaman tidak tersanggah cukup kuat.

Baca Juga:  Menanam Bawang Putih Dalam Pot
taman vertikal untuk teras mungil
taman vertikal untuk teras mungil

 

Membuat Taman Vertikal: Pertimbangkan Sistem Penyiraman Irigasi

Dalam beberapa minggu pertama, kebun vertikal Anda akan butuh perhatian lebih daripada menanam langsung pada media horizontal. Wadah tanam yang sempit dengan tanah yang sedikit membuat Anda harus lebih sering menyiraminya.

Semakin sering disiram maka kebun vertikal akan tumbuh lebih subur. Itulah mengapa beberapa orang menggunakan sistem penyiraman irigasi secara otomatis. Biasanya hal ini terlihat di perkantoran atau pusat perbelanjaan untuk menghias dinding interiornya.

kreasi taman vertikal yang unik
kreasi taman vertikal yang unik

Membuat Taman Vertikal: Pantang Menyerah

Jangan khawatir jika pada percobaan pertama ada beberapa tanaman yang mengering dan mati. Ini adalah proses adaptasi yang normal, untuk itu siapkan beberapa tanaman cadangan untuk mengisi lubang kebun vertikal yang kosong jika sewaktu-waktu ada yang mati kekeringan.

Kata Kunci:

cara membuat taman vertikal halamn,cari tau tentang tukang kayu vertikal,Ide taman vertikal simple,Inovasi cara membuat taman,kreasi taman minimalis vertikal,taman rumah vertikal

Komentar

comments

Tags
cara membuat taman vertikal desain taman vertikal foto kreasi taman vertikal gambar taman vertikal jasa membuat taman vertikal kebun vertikal membuat taman vertikal taman halaman kecil taman vertikal tukang taman vertikal

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker