Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Pengetahuan kayu

Faktor Penentu Keawetan Kayu, Berat jenis, Zat Ekstraktif dan Umur Pohon

Faktor Penentu Keawetan Kayu, Berat jenis, Zat Ekstraktif dan Umur Pohon. Selain faktor dari luar, keawetan kayu ju ga ditentu kan oleh genetik kayu tersebut. Beberapa sifat yang memengaruhi keawetan kayu telah banyak diselidiki oleh ilmuwan. Yang paling berperan antara lain berat jenis, zat ekstraktif, dan umur pohon.

Faktor Penentu Keawetan Kayu: Berat Jenis

Sebagian orang berpendapat bahwa berat jenis kayu yang semakin tinggi memberikan pengaruh keawetan yang semakin baik. Pendapat ini dianggap berlaku untuk kayu yang berasal dari satu jenis saja.

Banyak jenis kayu yang memiliki berat jenis tinggi, mempunyai keawetan di bawah jenis kayu yang memiliki berat jenis rendah. Dalam kasus seperti ini, beberapa ahli berpendapat bahwa zat ekstraktif mungkin lebih berperan dibandingkan dengan hubungan antara berat jenis dan kekuatan kayu yang berlaku umum.

Baca Juga:  Bahan Pengawet Kayu yang Sering Digunakan di Industri Perkayuan

Pernah ditemukan juga bahwa tingkat ketahanan terhadap serangan rayap pada kayu ulin, jati, resak, keruing, meranti, dan pulai adalah sama dengan urutan berat jenisnya. Meskipun begitu, hal tersebut belum dapat dijadikan patokan. Berat jenis kayu tidak berdiri sendiri dalam memengaruhi keawetan kayu. Oleh karena itu, sangat tidak tepat jika mengklasifikasikan keawetan kayu berdasarkan pada berat jenisnya saja.

 

Faktor Penentu Keawetan Kayu: Zat Ekstraktif

Zat ekstraktif yang terkandung di dalam kayu bisa bersifat sebagai fungisida atau insektisida. Sifat ini membantu sekali dalam membentuk keawetan alami kayu. Zat yang berperan antara lain zat fenol, terpene, soponin, flavonoid, dan tanin. Selain zat yang menguntungkan, terdapat juga zat yang dapat merugikan keawetan kayu, misalnya zat gula atau zat tepung.

Baca Juga:  cara dan Teknik Pengawetan Kayu Basah

Jenis serangga tertentu menyenangi zat tepung dalam kayu sehingga kayu tersebut memiliki keawetan yang rendah. Berdasarkan jenis zat ekstraktif tersebut, dapat diketahui suatu jenis kayu awet berdasarkan ketahanannya terhadap serangan organisme tertentu. Misalnya, saponin yang terdapat pada kayu sengon menyebabkan kayu ini dijauhi jamur Schizophyllum commune. Kadar zat ekstraktif juga berpengaruh positif. Keawetan akan meningkat dengan kenaikan kadar zat ekstraktif yang dikandung di dalam kayu yang sama.

 

Faktor Penentu Keawetan Kayu: Umur Pohon

Umur pohon memiliki hubungan positif dengan keawetan kayu. Tentunya hal tersebut berhubungan dengan kemampuan pohon tersebut untuk membangun jaringan dan mengisi sel-sel, termasuk juga pembentukan zat ekstraktif. Meskipun mengeluarkan zat yang merugikan, jika ditebang dalam umur yang tua, pohon tersebut mungkin akan lebih awet dibandingkan jika ditebang ketika masih muda.

Baca Juga:  Pengeringan Kayu dengan Vacuum Kiln Dryer Lebih Cepat dan Ramah Lingkungan

Ada sebuah mekanisme didalam pohon yang merangkai berat jenis, zat ekstraktif, dan umur, menjadi suatu sistem bagi pohon untuk melindungi diirinya dan menjadikan tiap-tiap pohon memiliki tingkat keawetan alami. Melalui berbagai metode pengawetan yang telah ditemukan, tingkat keawetan alami, terutama yang rendah, dapat dimanipulasi sesuai dengan keinginan kita agar kayu menjadi awet dan tahan lama.

Kata Kunci:

pengertian zat ekstraktif

Komentar

comments

Tags
bahan pengawet kayu keawetan kayu kualitas dan mutu kayu penentu keawetan kayu Pengawetan kayu

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker