Teknologi dan Inovasi

Hal-Hal yang Diperlukan untuk Membersihkan Drone

Cara Membersihkan Drone

Bagi para pemilik drone, pastilah ingin dronenya bisa digunakan dalam waktu yang lama dan tidak mengalami kerusakan. Satu-satunya cara agar drone bisa dipakai dalam jangka panjang adalah dengan cara merawat drone tersebut secara benar. Salah satu langkah perawatan yang paling signifikan adalah pembersihan drone. Setiap pemilik drone harus meluangkan waktu untuk membersihkan setiap komponen pada drone.

Drone harus rajin dibersihkan tiap kali selesai diterbangkan agar kotoran atau debu tidak mengalami penumpukan di dalam badan drone. Meskipun drone sendiri sebenarnya sudah dirancang agar tahan aus, namun tetap lebih disarankan untuk rutin membersihkannya. Hal ini akan sekaligus menghemat pengeluaran untuk servis drone yang rajin dibersihkan akan terhindar dari berbagai penyebab kerusakan.

Sebagai persiapan, Anda harus membuat semacam tas atau kotak penyimpanan khusus untuk meletakkan seperangkat perkakas atau alat-alat yang diperlukan untuk membersihkan drone. Adapun di bawah ini adalah hal-hal yang Anda perlukan untuk membersihkan drone:

Baca Juga:  Langkah-Langkah Perawatan Drone Agar Drone Tetap Prima dan Tahan Lama

1. Sikat Gigi Lembut

Pilih sikat gigi yang bagian sikatnya halus dan lembut. Hal ini dikarenakan sikat kecil yang halus tidak akan menggores permukaan drone dan mampu membersihkan pasir atau debu secara lebih merata tanpa bekas. Sikat ini bisa dipakai untuk membersihkan setiap komponen drone, khususnya bagian gearbox. Cara menyikatnya dengan mengarahkan sikat ke atas-bawah dan tiap debu yang sudah menempel di sikat harus segera dibuang. Anda juga bisa memakai cotton bud untuk mengambil kotoran di sudut yang tak terjangkau sikat.

3. Blower Brush

Blower brush ini sangat efektif untuk menghilangkan berbagai kotoran kecil seperti debu, serpihan, atau bahkan potongan rumput yang menyelip ke bagian-bagian drone. Anda bisa menggunakan blower brush ini untuk membersihkan lensa kamera dan menjangkau kotoran yang biasanya ada di sela-sela sempit antara baling-baling dan motor. Alat ini juga bisa dipakai untuk menyingkirkan kotoran kecil yang lengket menempel ke body drone. Ujung pipanya sangat berguna dalam keadaan darurat.

Baca Juga:  Definisi Drone dan Apa Saja Kegunaannya

3. Canned Air (Kompresor Kaleng)

Canned air merupakan sebuah kaleng yang di dalamnya berisi gas pembersih, biasanya dipakai untuk membersihkan kotoran-kotoran pada perangkat elektronik yang susah dihilangkan menggunakan air. Dalam pembersihan drone, canned air cocok dipakai untuk membersihkan kotoran yang biasanya menumpuk di tiap sudut atau celah drone. Misalnya pada bagian sekitar motor dan papan sirkuitnya. Cara pemakaiannya, cukup dengan menekan tuasnya maka gas akan disemprotkan otomatis. Pastikan jarak antara drone dengan penyemprot tidak terlalu dekat dan jangan terlalu lama menyemprotkannya karena gas yang terlalu banyak akan membekukan sistem drone.

4. Kain Mikrofiber

Kain berserat mikro ini baik digunakan untuk menyeka atau mengelap kotoran yang ada di permukaan drone. Sehabis terbang, drone sebaiknya langusng diseka menggunakan kain mikrofiber lembab. Jika ingin pembersihan yang lebih menyeluruh, Anda bisa membongkar drone terlebih dahulu agar bisa menyeka setiap komponennya. Namun pastikan Anda sudah tahu cara membongkar drone yang aman.

Baca Juga:  Peranan Drone dalam Pertanian Modern: Penyemprotan, Penanaman, hingga Pemetaan

5. Cairan Alkohol Isopropil

Jika noda pada drone sudah coba dibersihkan menggunakan kain mikrofiber namun noda tersebut masih tetap membandel, maka tambahkan cairan alkohol isopropil. Basahi kain mikrofiber memakai cairan alkohol isopropil sedikit, maka kain tersebut akan secara ajaib mampu mengangkat kotoran yang membandel. Cairan ini sudah terbukti aman untuk berbagai perangkat elektronik sehingga tidak beresiko merusak drone.

6. Pelumas

Bagian motor atau dinamo drone butuh dilumasi secara berkala.. Perihal waktu dan jenis pelumas motor drone sudah terdapat di buku panduan drone pada umumnya. Setiap model atau merk drone memiliki aturan tersendiri tergantung produsennya. Rata-rata pelumasan perlu dilakukan sebulan sekali.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker