News

Hati-hati Investasi Pohon Jati, Jangan Percaya kata-kata Sales

Bahaya Penipuan Investasi Pohon Jati Bagi Orang Awam

Model investasi yang berbahaya banyak beredar di masyarakat termasuk investasi pohon jati. banyak beredar tawaran investasi pohon jati dengan perhitungan yang diatas kewarasan. Misalnya ada salah satu perusahaan investasi jadi mengatakan bahawa jati umur 8 Tahun menghasilkan 1 M3 kayu.

Info tersebut adalah info nalar sesat dengan halu tingkat tinggi. Berdasarkan banyak riset di lapangan jenis kayu jati unggul umur 8 tahun dengan perawatan ekstra dan rutinitas penjarangan Hanya menghasilkan kayu jati berdiameter 20 cm pada batang paling bawah.

Artinya satu pohon kalau dihitung dengan rumus kubikasi Kubikasi kayu = (P x D x D x 0,7854) : 10.000. Satu pohon jati hanya menghasilkan 0,25-0,3 M2 itupun dengan catatan hasil kayu sudah optimal.

Baca Juga:  AkzoNobel Meluncurkan Cat Daur Ulang Dulux Trade Evolve

Sementara sales perusahaan investasi lahan kayu jati juga melakukan info mark up harga perkubik yang dikatakan mencapai Rp. 15 Juta/M3 ini tentu info paling sesat. Harga kayu jati diameter besar di perhutani kwalitas premium maksimal 8 Juta. harga grade di bawahnya juga bertingkat jauh di bawahnya. Apakah Ada jaminan kayu jati yang di tanam melampaui kualitas jati perhutani yang tanahnya punya kualitas mumpuni?

Selain itu, kayu jati kita juga bersaing bersaing ketat dengan Burma dan Myanmar. Harga dan permintaan kayu di pasar internasional juga cenderung menurun bahkan stagnan karena munculnya berbagai inovasi bahan pengganti kayu dan faktor kesadaran ekologi.

 

Berikut ini Beberapa Poin Penting Sebelum memutuskan Investasi Pohon Jati

  • Pohon Jati unggul belum ada yang mampu mencapai diameter 20cm dalah umur 8 Tahun bahkan yang ditanam secara intensif pun.
  • Jika Diameter Pohon jati 20 cm maka per pohon hanya menghasilkan 0,2 Kubik – 0,3 Kubik kayu.
  • Harga kayu jadi grade Industri sesuai dengan kualitas dan tidak ada jaminan kualitas kayu jati yang ditanam diluar lahan perhutani mempunyai kualitas setara bahkan lebih tinggi.
  • Eskportir kayu Jati yang banyak diminati saat ini Jati dari Burma dan Myanmar karena harga lebih murah dan kualitas bagus sehingga Indonesia mempunyai saingan yang cukup berat.
  • Banyak material pengganti kayu jati yang juga lebih diminati oleh pasar karena lebih murah dan lebih ramah lingkungan.
  • Harga Kayu jati untuk kelas konsumer baik industri maupun niaga standar perhutani adalah 7-8 Juta untuk log besar A3 dengan kualitas bagus.
  • resiko Penanaman pohon Jati harus dihitung secara riil tidak semua tanaman akan tumbuh optimal bahkan mencapai diameter 20 cm umur 8 Tahun.
  • Jika ingin mencoba investasi pohon jati sangat disarankan untuk melakukan trial and eror membeli bibit berkualitas bagus dan melakukan prosedur penanaman yang benar.
  • Silahkan membandingkan harga kayu Jati perhutani di www.tokoperhutani.com sebagai acuan harga pasar.
Baca Juga:  Jalan Raden Saleh, Pusat Penjualan Perkakas Teknik di Surabaya

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker