Pengetahuan kayu

Perbedaan Kualitas Kayu Jati Sulawesi VS Jati Jawa

Perbedaan Kualitas Kayu Jati Sulawesi VS Jati Jawa. kayu jati merupakan jenis kayu yang menjadi favorit para pengrajin furniture dan konsumen furniture. Kayu jati merupakan kayu kelas satu karena kekuatan, keawetan dan keindahannya. Secara teknis, kayu jati memiliki kelas kekuatan II dan kelas keawetan I-II. Kayu ini sangat tahan terhadap serangan rayap.

Kayu teras jati berwarna coklat muda, coklat kelabu hingga coklat merah tua. Kayu gubal, di bagian luar, berwarna putih dan kelabu kekuningan.

Meskipun keras dan kuat, kayu jati mudah dipotong dan dikerjakan, sehingga disukai untuk membuat furniture dan ukir-ukiran. Kayu yang diampelas halus memiliki permukaan yang licin dan seperti berminyak. Pola-pola lingkaran tahun pada kayu teras tampak jelas, sehingga menghasilkan gambaran yang indah.

Kayu Jati banyak ditemukan di wilayah Burma, India, kamboja, Thailand, Myanmar, dan Filipina. Saat ini kebutuhan jati Dunia 60% lebih dipasok dari Burma. Sementara Indonesia banyak diserap oleh industri dalam negeri meskipun ada eksport tapi masih jauh kuantitasnya dari Burma.

Baca Juga:  Pengeringan Kayu, Panduan Teknis Pengeringan Kayu dengan Kiln Dryer

Pada 1817, Raffles mencatat jika hutan jati tidak ditemukan di Semenanjung Malaya atau Sumatera atau pulau-pulau berdekatan. Jati hanya tumbuh subur di Jawa dan sejumlah pulau kecil di sebelah timurnya, yaitu Madura, Bali, dan Sumbawa. Perbukitan di bagian timur laut Bima di Sumbawa penuh tertutup oleh jati pada saat itu.

Heyne, pada 1671, mencatat keberadaan jati di Sulawesi, walau hanya di beberapa titik di bagian timur. Ada sekitar 7.000 ha di Pulau Muna dan 1.000 ha di pedalaman Pulau Butung di Teluk Sampolawa. Heyne menduga jati sesungguhnya terdapat pula di Pulau Kabaena, serta di Rumbia dan Poleang, di Sulawesi Tenggara. Analisis DNA mutakhir memperlihatkan bahwa jati di Sulawesi Tenggara merupakan cabang perkembangan jati jawa.

Jati yang tumbuh di Sulawesi Selatan baru ditanam pada masa 1960an dan 1970an. Ketika itu, banyak lahan di Billa, Soppeng, Bone, Sidrap, dan Enrekang sedang dihutankan kembali. Di Billa, pertumbuhan pohon jatinya saat ini tidak kalah dengan yang ada di Pulau Jawa. Garis tengah batangnya dapat melebihi 30 cm.

Baca Juga:  Moulding Kayu dan Berbagai Bentuk Moulding Kayu

 

Kualitas kayu Jati Sulawesi VS Jati Jawa

Saat ini dipasar perkayuan ada dikotomi kayu Jati Sulawesi dengan Jati Jawa. Jati Sulawesi banyak dijual ke pulau jawa karena harganya relatif lebih murah. Namun dari segi kualitas ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa Jati Jawa lebih bagus secara kualitas daripada Jati Sulawesi.

Hal ini wajar sebab, Jati Jawa sudah tumbuh selama ribuan tahun di pulau jawa, sementara Jati Sulawesi baru ditanam dan disebarkan pada tahun 1960-an. Sehingga secara ukuran jelas masih banyak yang berdiameter kecil.

Jati sendiri adalah jenis yang membutuhkan zat kalsium dalam jumlah besar, juga zat fosfor. Selain itu, jati membutuhkan cahaya matahari yang berlimpah. Kondisi tanah dan wilayah tersebut banyak terdapat di wilayah pesisir jawa sehingga menghasilkan jati yang berkualitas bagus. Bahkan jati terbaik dihasilkan oleh Kabupaten Blora – Jawa Tengah.

Baca Juga:  Jenis Kayu untuk Plafon, Kenali Karakter dan Kelebihan Ragam Jenis Kayu

Selain dari segi umur pohon dan kualitas ada ciri yang membedakan jati Sulawesi dengan Jati Jawa, yaitu Gubal atau teras kayu terluar yang berwarna putih lebih tebal Jati Sulawesi dibanding Jati Jawa. Beberapa pengrajin furniture juga memberikan pernyataan bahwa Jati Sulawesi mempunyai kembang susut lebih besar dibanding jati jawa sehingga harus benar-benar dikeringkan jika hendak dikerjakan menjadi produk. Namun, secara empiris belum ada penelitian yang membandingan secara vis a vis antara Jati Jawa dengan Jati Sulawesi.

Kata Kunci:

Kayu jati sulawesi,jati sulawesi,kualitas kayu jati sulawesi,kayu jati dari sulawesi,jual bli kayu jati putih sidrap,jual beli wallpaper dinding kayu jati bekas jawa tengah,Jenis jati sulawesi,Jati sulawesi soppeng Jati sulawesi soppeng,Sulawesi vs jawa,Beli jati

Komentar

comments

Tags
harga jati sulawesi harga jati sulawesi a2 jati blora jati bojonegoro jati sulawesi jati sulawesi vs jati jawa jual jati sulawesi murah kelemahan jati sulawesi melihat kualitas kayu jati perbedaan jati sulawesi dan jati jawa sejarah kayu jati

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker