Teknologi dan Inovasi

SpaceX Kembangkan Mesin Roket Terkuat untuk Armada Antar Planet

Elon Musk Siap Produksi mesin Roket Super Heavy Paling Canggih

SpaceX Kembangkan Mesin Roket Terkuat untuk Armada Antar Planet. CEO Elon Musk mengatakan bahwa SpaceX memiliki rencana untuk membangun “pabrik mesin roket tercanggih di dunia” di Central Texas untuk mendukung meningkatnya kebutuhan Starship dan Super Heavy.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, fasilitas itu juga bisa menjadi pabrik roket dengan output tertinggi yang pernah dibangun, menghasilkan ratusan mesin Raptor setiap tahun untuk melengkapi armada antarplanet yang besar dari Starships dan booster Super Heavy yang membumi yang akan mengirim mereka dalam perjalanan. ke orbit Bumi, Bulan, Mars, dan seterusnya.

Musk mengungkapkan rencana untuk pabrik mesin Raptor khusus pada 10 Juli – tak lama setelah memamerkan  sepuluh mesin Raptor yang memenuhi syarat di dalam tenda produksi di pabrik SpaceX Boca Chica Starship. Hanya dalam tiga hari sejak foto itu, SpaceX telah memasang tiga mesin Raptor – pada prototipe booster Super Heavy fungsional pertama.

Baca Juga:  Kredit Renovasi Rumah? Fintech Gradana Luching GraRenov

Sehari kemudian, Musk mengungkapkan bahwa SpaceX akhirnya menyelesaikan aspek penting dari desain Super Heavy, menentukan bahwa penguat operasional Starship pada akhirnya akan dilengkapi dengan 33 mesin Raptor yang kurang lebih identik.

Mengikuti kejutan lain yang diungkapkan Musk awal bulan ini, itu berarti bahwa setiap kendaraan Starship dua tahap akan membutuhkan 39 hingga 42 mesin Raptor – varian 36-39 permukaan laut dan tiga mesin yang dioptimalkan vakum dengan nozel yang lebih besar.

Sementara desain Raptor saat ini belum cukup, Musk mengatakan bahwa SpaceX akan memulai debut mesin “Raptor 2” yang ditingkatkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, meningkatkan daya dorong maksimum menjadi 230 ton (~510.000 lbf). Selain penghapusan beberapa komponen struktural yang diperlukan untuk gimballing engine pada 20 booster Raptor, setiap engine di Starship – kecuali 3-6 varian vakum – akan identik.

Baca Juga:  Lampu UV-C Signify Desinfectan Bisa Melibas Covid-19 dan Bakteri

mesin roket raptor spacex

Menurut Musk, pabrik SpaceX mutakhir baru yang terletak di pabrik pengembangan dan pengujian roket McGregor, Texas, pada akhirnya akan memproduksi secara massal antara 800 dan 1000 mesin Raptor 2 per tahun. Produksi Raptor Vacuum akan tetap berada di markas SpaceX Hawthorne, California bersama dengan pekerjaan pada “desain eksperimental baru” yang misterius.

Di bawah paradigma baru yang dibuat oleh Musk, Raptor akan mencerminkan keluarga mesin Merlin SpaceX – terdiri dari dua varian permukaan laut dan vakum yang sama (Merlin 1 dan Merlin Vacuum) selama lebih dari satu dekade.

Dengan hanya satu varian volume tinggi yang dibutuhkan, produksi Raptor 2 dapat menjadi sangat efisien dan dengan mudah akan melampaui produksi mesin cair besar lainnya dalam sejarah dengan 800-1000 mesin yang diselesaikan setiap tahun.

Baca Juga:  Peranan Drone dalam Pertanian Modern: Penyemprotan, Penanaman, hingga Pemetaan

Secara teknis, pada puncaknya pada 1970-an dan 1980-an, Uni Soviet memproduksi ratusan mesin booster R7 (Soyuz) setiap tahun dan lebih dari 1000+ per tahun jika kita menghitung beberapa jenis mesin yang berbeda pada setiap booster R7/Soyuz. Namun, produksi tahunan satu varian mesin roket cair besar lainnya dalam sejarah tidak pernah mendekati target yang ditetapkan Musk untuk pabrik Raptor 2 milik SpaceX.

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker