Pertukangan Bangunan

Bangunan Tahan Gempa, Download Panduan Teknis Bangunan Tahan Gempa

Bangunan Tahan Gempa, Download Panduan Teknis Bangunan Tahan Gempa. Indonesia berada pada struktur cincin api yang hampir semua wilayahnya mempunyai potensi gempa bumi. berbagai bencana gempa bumi sudah memberikan kerugian materiil dan fisik.

Hampir 100 persen korban jiwa akibat gempa bumi disebabkan oleh runtuhnya bangunan baik rumah maupun kantor. Pemerintah sendiri melalui berbagai lembaga riset dan direktorat terkait sudah mengeluarkan berbagai pedoman dan petunjuk pembuatan rumah tahan gempa.

Download Panduan Bangunan Anti Gempa
Gempa-gempa besar yang terjadi sejak sepuluh tahun terakhir dan kerusakan struktur yang diakibatkan  telah membantu para ahli gempa dalam memahami mekanisme terjadinya gempa dan engineer teknik sipil dalam memahami perilaku gedung saat gempa terjadi.

Desain Bangunan Tahan Gempa

Langkah-langkahdalam melakukan desain bangunan tahan gempa yang baik dan benar adalah tidak sederhana. Pemahaman tentang kegempaan, gaya yang diterima struktur saat gempa terjadi, serta perilaku material dan struktur pada saat gempa terjadi adalah hal yang sangat penting untuk dikuasai.

Kompleksnya langkah-langkah desain ini menjadikan desain bangunan tahan gempa adalah pekerjaan bagi spesialis atau disebut dengan Licensed  Design Professional (LDP).

Secara konseptual sederhana, tujuan dari desain bangunan tahan gempa adalah:

  • Beban gempa yang terjadi pada bangunan harus disalurkan ke sistem pondasi melalui berbagai elemen struktur bangunan yang ada.
  • Setiap elemen struktural dan sambungannya harus tidak “runtuh”.
  • Elemen struktural bangunan bisa elastis atau non-elastis. Yang membuat desain bangunan tahan gempa menjadi tidak mudah adalah beban gempa merupakan beban yang tidak kelihatan, dan kejadiannya hanya merupakan prediksi selama masa layan bangunan.
Baca Juga:  Memilih Pipa Galvanis untuk Plambing Saluran Air

Analisis bangunan dilakukan dengan mengasumsikan bahwa perilaku bangunan dan elemen-elemen strukturalnya masih linear padahal saat terjadinya gempa besar, bangunan diharapkan untuk berperilaku non-linear (terjadi retak atau sendi plastis) sebagai disipasi energi akibat gaya gempa. Selain itu, banyak asumsi pendekatan yang digunakan dan formula-formula empiris yang memiliki keterbatasan.

Secara umum, langkah-langkah perencanaan bangunan tahan gempa dapat dijabarkan sebagai berikut:
  • Pengembangan desain konseptual.
  • Pemilihan sistem struktur yang tepat.
  • Menentukan performance objectives dari bangunan.
  • Menghitung/memperkirakan gaya gempa eksternal.
  • Menghitung/memperkirakan gaya gempa internal (analisis linear).
  • Proporsi komponen-komponen struktural.
  • Mengevaluasi performance bangunan (drift bangunan, drift per lantai, gaya dalamelemen struktural).
  • Final detailing elemen struktural.
  • Quality Assurance.

Untuk lebih detai tentang panduan teknis rumah tahan gempa, silahkan Download Link Dibawah Ini, ini merupakan panduan yang dikeluarkan oleh Dirjen Cipta karya yang disusun mengacu pada UUBG No.28/2002 tentang Bangunan Gedung; PPBG No.36/2005 tentang Peraturan Pelaksanaan UUBG; Kepmen Kimpraswil No.403/KPTS/M/2002 tentang Rumah Sederhana Sehat (Umum, Rumah Tembok,Rumah Setengah Tembok, Rumah Kayu Panggung, Rumah Kayu Tidak Panggung); Download Panduan Bangunan Anti Gempa

Baca Juga:  Jenis Lantai Vinyl, Memilih Lantai Vinyl Untuk Rumah dan Kantor

 

Kata Kunci:

yhsm-coolpad,bangunan sederhana tahan gempa

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker