Baterai

Baterai Graphene, Baterai Super yang Akan Merevolusi Industri

Harga baterai Graphene dan Proses Pembuatan Grafena

Baterai Graphene, Baterai Super yang Akan Merevolusi Industri. Graphene disebut sebagai material ajaib yang sedang dikembangkan untuk baterai. Ini adalah bahan tertipis dan teringan di dunia, namun kira-kira 300 kali lebih kuat dari baja. Ia menghantarkan listrik lebih cepat dari tembaga dan menghantarkan panas lebih baik daripada berlian.

Materi ini dapat ditekuk, merenggang, transparan, dan tahan air. Bisa mencegah korosi dan karat, bahkan biodegradable. Yang paling penting, itu berasal dari salah satu barang rumah tangga yang paling umum ditemukan. Nama materi yang super ini adalah Graphene, demikian kabar yang dilansir dari Science ABC.

Graphene adalah lembaran atom datar di mana elektron dapat memperbesar dengan cepat. Karena matriks heksagonalnya yang rapi, graphene hampir tidak memiliki hambatan. Materi ini menjadikannya konduktor listrik terbaik yang pernah ditemukan. Faktanya, superkapasitor graphene akan memakan waktu sekitar 5 detik untuk mengisi daya ponsel Anda!

Baca Juga:  Baterai Ion Aluminium Graphene Revolusi Teknologi Baterai Masa Depan

Graphene juga akan merevolusi energi matahari! Bahan yang luar biasa ini dapat digunakan untuk membuat sel surya yang lebih kuat dan lebih baik bahkan lebih mudah dan lebih murah untuk diproduksi daripada silikon yang kita gunakan saat ini.

Berbicara tentang penggantian silikon, graphene juga dapat digunakan untuk membuat microchip. Microchip graphene ini akan berfungsi pada frekuensi 10 kali lipat dari silikon. Nah, persoalan kelebihan panas pada komputer kita juga bisa teratasi.

melihat keunggulan graphene beberapa perusahaan sudah berinisiatif untuk melakukan riset teruta perusahaan smartphone dan mobil listrik yang ingin menggunakan baterai graphene.

Real Graphene sperusahaan dari Amerika sedang bersiap untuk memasarkan produk baterai graphene tersebut ke beberapa manufaktur smartphone. Sayangnya perusahaan itu tidak menyebut manufaktur mana saja yang dituju.

Untuk diketahui, baterai graphene sebenarnya merupakan evolusi dari baterai lithium. Baterai Lithium didasarkan pada pertukaran ion lithium antara elektroda positif, paling sering kobalt oksida atau mangan dengan elektroda grafit negatif. Nah, Real Graphene mengganti elektroda grafit itu dengan elektroda yang dilapisi graphene dan memodifikasi komposisi elektrolitnya.

Baca Juga:  VRB Energy Kanada Membangun Baterai Redox Flow 100MW di China

CEO Real Graphene, Samuel Gong mengklaim baterai berkapasitas 3000mAh yang dibuat dengan teknologi mereka mampu terisi dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu 20 menit saja. Ia membandingkan dengan baterai lithium biasa yang membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk terisi penuh.

Dilansir dari Gizchina (20/1), baterai graphene dikenal sebagai sebuah baterai yang tahan lama. Jenis ini mampu diisi hingga 1500 kali sebelum akhirnya mengalami penurunan. Dalam kondisi yang sama, baterai graphene hanya menghasilkan panas lebih sedikit ketimbang baterai lithium biasa ketika sedang diisi daya. Kelebihan lainnya, manufaktur baterai lithium tidak perlu mengganti peralatan mereka untuk memproduksi baterai graphene.

Estonia Skeleton Kembangkan Baterai graphene untuk Mobil Listrik

Estonia Skeleton Technologies dan Institut Teknologi Karlshure, Jerman Bersama-sama mereka telah menciptakan sesuatu yang dapat dibilang sebagai baterai super. Baterai ini diklaim mampu bertahan dari beberapa ratus ribu siklus pengisian dan umur lebih panjang dari baterai biasa.

Baca Juga:  Baterai Lithium Silinder Vs Prismatik, Mana yang Efisien?

Sayangnya sejauh ini perusahaan tersebut belum memberikan data apa pun terkait teknologi baterai mereka. Perbandingan dengan baterai lithium biasa pun masih sekedar klaim dan belum terdapat pembuktiannya.

Jika baterai untuk kendaraan listrik ini segera dirilis, tentu saja dapat menjawab persoalan pengisian daya baterai. Mengingat pengisian baterai membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan mesin bensin. Teknologi ini juga memungkinkan perkembangan kendaraan listrik menjadi lebih cepat.

Sebagai tambahan informasi silahkan melihat Video Baterai Graphene dibawah ini:

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker