Baterai

Komponen Penyusun Baterai Pack (Modul Paket Baterai)

Materail Apa Saja yang Terdapat Pada Modul Baterai Pack?

Komponen Penyusun Baterai Pack (Modul Paket Baterai). Baterai Pack atau paket Baterai merupakan serangkaian baterai beserta komponen elektronik pendukungnya. Misalnya baterai pack untuk PLTS, Baterai pack untuk Sepeda listrik, Atau untuk Peralatan Power tool.

Pada tahap awal, manufaktur biasanya perlu menentukan jenis bahan kimia baterai yang akan digunakan. Semua baterai akan memiliki komponen seperti anoda, katoda, dan elektrolit, namun komponen ini akan dibuat dari bahan tertentu berdasarkan apakah pelanggan memilih baterai berbasis litium, baterai alkaline, atau baterai berbasis nikel.

Misalnya, sel baterai lithium-ion akan memiliki anoda yang terbuat dari litium, bahan paduan litium, grafit, intermetalik, dan silikon. Katoda biasanya terbuat dari oksida logam-litium, litium oksida yang dapat diisi ulang, olivin, dan vanadium oksida. Elektrolit akan terdiri dari lithium bisoxalatoborate, lithium hexafluorophosphate, atau sejenisnya yang akan menjadi polimer, cairan, atau padatan. Jika bahan kimia baterai bersifat basa, anoda berupa gel seperti pasta yang biasanya terbuat dari bubuk seng bersama dengan elektrolit kalium hidroksida. Katoda akan terdiri dari grafit dan magnesium dioksida dengan susunan elektrolit yang serupa.

Baca Juga:  BMW dan Solarwatt Mulai Produksi Baterai untuk PLTS Atap

Pemisah akan digunakan untuk memisahkan katoda dan anoda. Untuk sel berbasis litium, separator akan dibuat dari bahan busa sedangkan potongan kertas digunakan pada baterai alkaline. Akhirnya, sisa sel baterai akan memiliki beberapa lapisan segel yang terdiri dari silinder di tengah kaleng untuk bertindak sebagai pengumpul arus, segel plastik sekunder, dan tutup ujung logam sebagai segel ketiga.

Setiap baterai di dalam kemasan akan memiliki interkoneksi internal maupun eksternal. Bahan yang digunakan untuk sambungan ini akan didasarkan pada apakah paket baterai akan dirancang untuk memberikan daya tinggi atau daya rendah untuk aplikasi.

Untuk sel berdaya rendah, strip nikel biasanya akan dilas ke terminal sel untuk membuat interkoneksi internal sedangkan sirkuit eksternal akan memiliki kontak berlapis emas. Jika menggunakan sel kantong, interkoneksi akan memiliki tab logam. Kabel terbang juga dapat digunakan untuk interkoneksi daya yang lebih rendah.

Paket baterai berdaya tinggi akan memiliki tali jalinan atau batang bus yang terbuat dari tembaga untuk interkoneksi internal dan tiang logam berulir untuk koneksi eksternal.

Baca Juga:  Kerusakan Baterai Lithium Pack, Berikut ini Penyebab Umumnya

 

Komponen Penyusun Baterai Pack: Software dan Elektronik

Elektronik dan perangkat lunak menjadi komponen standar yang ditemukan dalam kemasan baterai saat ini. Komponen-komponen ini dapat terdiri dari:

  • Sirkuit perlindungan
  • Sirkuit pemantauan
  • Pengukur kapasitas energi
  • Pengontrol pengisian daya
  • Fungsi penyeimbang sel
  • Fungsi komunikasi
  • Lampu indikator

Banyak dari komponen ini akan menjadi bagian dari sistem manajemen baterai (BMS). Meskipun baterai berbasis alkalin dan nikel tidak memerlukan sistem manajemen baterai, menggabungkan fitur-fitur ini menambah keamanan dan perlindungan yang lebih besar untuk baterai, serta memungkinkan pelanggan untuk memantau status baterai dan mengambil tindakan yang sesuai. Untuk bahan kimia berbasis litium, sistem manajemen baterai akan selalu diperlukan.

Sirkuit terpadu untuk elektronik akan ditempatkan pada papan sirkuit tercetak standar. Pilihan apakah akan menggunakan papan sirkuit fleksibel, PCB fleksibel-kaku, atau PCB kaku tradisional akan didasarkan pada beberapa faktor seperti ruang yang tersedia dalam aplikasi, berat yang diinginkan untuk paket baterai dan aplikasi, dan kebutuhan untuk PCB untuk menahan guncangan, getaran, atau beban. Selain itu, biaya juga menjadi faktor penting.

Baca Juga:  Keseimbangan Baterai Bank, Perlukah Balancer Pada Bank Baterai?

 

Bahan Wadah dan Komponen Penutup Baterai

Saat memutuskan tempat baterai, itu akan tergantung pada bagaimana paket tersebut cocok dengan aplikasi. Untuk baterai yang akan dimasukkan seluruhnya ke dalam aplikasi, standar pembungkus menyusut atau plastik vakum akan menjadi standar. Jika baterai akan dipasang ke perangkat, seperti di pegangan atau di rumah terpisah yang perlu diakses, plastik cetakan injeksi biasanya digunakan.

Dalam beberapa keadaan, selubung logam akan diperlukan untuk Komponen Penyusun Baterai Pack. Opsi ini cocok untuk paket baterai yang akan digunakan untuk aplikasi traksi. Selubung logam juga akan digunakan untuk aplikasi yang mengalami kekuatan ekstrem yang dapat merusak paket baterai atau menyebabkan sel baterai pecah sehingga sel baterai dapat terbakar atau meledak, karena baterai berpotensi melukai orang di sekitarnya.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker