Baterai

Baterai Lithium Silinder Vs Prismatik, Mana yang Efisien?

Perbedaan baterai Lithium Silinder dengan Prismatik

Baterai Lithium Silinder Vs Prismatik, Mana yang Efisien?. Baterai litium silindris dan prismatik sangat umum di dunia modern saat ini yang didorong oleh teknologi, dan masing-masing membawa serta rangkaian keunggulan dan praktik terbaik unik yang tentu saja perlu ditelusuri.

Apa Itu Baterai Silinder?

Baterai lithium silinder, seperti namanya, memiliki fitur elektroda yang dibungkus dalam sel silinder yang dililitkan sangat erat di dalam casing logam yang dirancang khusus. Riasan unik ini membantu meminimalkan kemungkinan bahan elektroda di dalamnya akan pecah, bahkan di bawah kondisi penggunaan yang paling berat.

Masalah seperti getaran mekanis, siklus termal dari pengisian dan pengosongan, dan ekspansi mekanis konduktor saat ini adalah hal-hal yang dapat memengaruhi masa pakai baterai. Oleh karena itu, desain unit silinder ini dimaksudkan untuk membantu mengurangi risiko dari faktor ini dan faktor lainnya sebanyak mungkin.

Di bagian dalam baterai silinder, serangkaian sel digabungkan dan beroperasi secara paralel satu sama lain. Ini dilakukan untuk membantu meningkatkan voltase dan kapasitas keseluruhan paket baterai.

Baca Juga:  Baterai Ion Aluminium Graphene Revolusi Teknologi Baterai Masa Depan

Karena alasan ini, baterai silinder biasanya merupakan jenis yang ditemukan dalam sistem perangkat medis yang disebutkan di atas. Sel silinder yang lebih kecil dan dirancang lebih khusus juga biasa ditemukan di perangkat portabel seperti komputer laptop. Tesla juga memilih baterai lithium silinder untuk menggerakkan armada mobil listrik populernya.

Baterai Lithium Prismatik

Sebaliknya, baterai lithium prismatik memiliki fitur sel yang telah terbungkus aluminium atau baja, terutama untuk tujuan peningkatan stabilitas. Ini menciptakan beberapa keuntungan utama Karena konstruksi dan desain yang unik ini, baterai litium prismatik cenderung sangat tipis, sangat ringan, dan menawarkan penggunaan ruang yang efektif.

Karena bentuk persegi panjang dari baterai Li prismatik rata-rata menawarkan pelapisan yang jauh lebih baik daripada opsi lainnya, memberi peluang engineer tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi saat merancang produk yang suatu hari akan menampilkan baterai prismatik sebagai sumber daya.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Baterai Lithium, Lead Acid, dan NiCad

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika baterai prismatis biasanya ditemukan di smartphone, tablet, dan perangkat elektronik sejenis yang mengutamakan mobilitas.

Karena sifat-sifat ini, baterai prismatik modern juga biasa digunakan dalam aplikasi kritis yang lebih besar seperti sistem penyimpanan energi dan powertrain listrik.

 

Aplikasi Baterai Silinder dan Prismatik

Ada alasan mengapa baterai lithium silinder adalah jenis yang paling umum tersedia (dan digunakan) saat ini. Jika dibandingkan dengan produk prismatik, produk ini biasanya dapat diproduksi lebih cepat dan dengan biaya per KWh (kilowatt hour) yang lebih rendah pada saat yang bersamaan.

Rancangannya sendiri lebih mendukung jenis proses otomasi yang umum di pabrik dan di lingkungan manufaktur lain di seluruh negeri, misalnya, yang hanya membantu menciptakan konsistensi produk yang lebih baik dan menjaga biaya akhir serendah mungkin.

Salah satu alasan utama mengapa sel prismatik semakin populer selama beberapa tahun terakhir, berkaitan dengan kapasitasnya yang besar. Bentuk persegi membuatnya sangat mudah untuk menghubungkan empat sel yang berbeda bersama-sama untuk membantu menciptakan sesuatu seperti paket baterai 12 volt.

Ini tidak berarti bahwa baterai lithium silinder secara inheren “lebih baik” daripada baterai prismatik, atau sebaliknya. Seperti yang sering terjadi dengan jenis situasi ini, tidak ada pendekatan “satu ukuran untuk semua” dalam pemilihan baterai.

Sebagian besar keputusan pada akhirnya akan tergantung pada penerapan akhir sebuah produk. Akan ada beberapa situasi di mana baterai prismatik benar-benar paling masuk akal. Akan ada situasi di mana baterai silinder tampak seperti pilihan yang logis.

 

Baca Juga:  Mencegah Pelarian Termal dalam Penyimpanan Sistem Lithium-ion (ESS)

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker