Baterai

Tahapan Memproduksi Baterai Pack, Berikut Ini Alur Kerjanya

Memahami Persyaratan Daya Baterai Sebelum Pengembangan Baterai Pack Dimulai

Tahapan Memproduksi Baterai Pack, Berikut Ini Alur Kerjanya. Kebutuhan daya baterai melibatkan banyak faktor. Selain memiliki daya yang cukup untuk menjalankan aplikasi, pelanggan juga mempertimbangkan kapasitas baterai, tingkat pengisian/pengosongan, dan kondisi lingkungan yang dapat memengaruhi fungsi baterai.

Sebelum pengembangan paket baterai dimulai, ada aspek lain tentang kebutuhan daya yang perlu dievaluasi. Aspek-aspek ini dapat memengaruhi ukuran baterai, jika ada batasan logistik yang berlaku dan jenis sertifikasi apa yang diperlukan. Berikut ini Tahapan Memproduksi Baterai Pack.

 

Pertimbangan Ukuran Dimensi Baterai

Persyaratan daya baterai tertentu perlu fokus pada voltase, Ampere Hour (jam amp), dan waktu pengoperasian. Jumlah daya yang dapat dimasukkan ke dalam sel baterai (densitas) dan siklus hidupnya akan menentukan jenis kimia baterai yang Anda pilih dan jumlah sel baterai yang diperlukan untuk mendapatkan tegangan yang benar.

Misalnya, perangkat elektronik yang memerlukan tegangan sel 3.6V dapat memperolehnya dengan menggunakan nikel kadmium (NiCd), nikel metal hidrida (NiMH), atau kimia berbasis lithium. Baterai NiCd dan NiMH memiliki tegangan 1,2V, sedangkan baterai lithium memiliki tegangan 3,6V. Untuk mencapai voltase yang sesuai, pelanggan mungkin harus menggunakan 3 sel NiCd atau NiMH versus 1 sel lithium.

Faktor ini penting ketika mempertimbangkan ukuran dimensi aplikasi. Semakin banyak sel yang ditambahkan untuk mencapai tegangan yang ditentukan, semakin berat dan semakin besar paket baterai. Jika perangkat elektronik perlu ringan dan kecil, baterai paling sedikit dan paling ringan yang masih menawarkan 3.6V lebih masuk akal secara dimensi, karena pelanggan dapat memilih bahan kimia berbasis lithium.

Baca Juga:  Elektrolit Baru Meningkatkan Kinerja Baterai Lithium-Oksigen

Namun, dalam keadaan tertentu, bahan kimia berbasis litium mungkin tidak cocok karena ketidakstabilan termalnya. Selama fase pengembangan dan desain, kimia baterai dan voltase memainkan peran penting dalam ukuran dimensi paket baterai.

 

Sertifikasi dan Batasan Logistik

Bagaimana baterai diisi, siklus hidup baterai, dan tingkat self-discharge dapat menyebabkan pembatasan logistik untuk aplikasi. Jika aplikasi akan digunakan di lingkungan luar ruangan atau tempat yang tidak dapat diakses untuk mengisi daya dalam waktu lama, pelanggan perlu memutuskan jenis paket baterai yang dapat bertahan dalam keadaan seperti itu.

Saat mengembangkan paket baterai khusus, Anda ingin memilih bahan kimia dengan siklus hidup yang lebih lama dan tingkat self-discharge yang lebih rendah.

Pembatasan logistik lainnya melibatkan penggunaan bahan kimia berbasis lithium dan NiCd untuk produk. Banyak negara memiliki peraturan yang membatasi bagaimana baterai berbasis lithium ditangani dan diangkut.

Pembatasan ini dapat membatasi jumlah produk yang dikirim pada satu waktu dan memerlukan pengujian baterai serta sirkuit perlindungan untuk mencegah terjadinya pelarian termal yang berbahaya. Pengujian ini harus dilakukan dengan mensertifikasi organisasi untuk menerima sertifikasi yang sesuai. Untuk baterai NiCd, kadmium yang digunakan dalam baterai dianggap berbahaya bagi lingkungan, sehingga sulit untuk dibuang. Mereka saat ini dilarang di Eropa.

Biaya Pengembangan dan Harga Satuan

Kimia baterai datang dengan biaya pengembangan dan potongan yang berbeda ketika membahas kebutuhan daya untuk aplikasi. Seperti membahas ukuran dimensi, semakin banyak sel yang akan ditambahkan ke dalam baterai untuk mencapai tegangan yang tepat, semakin besar biayanya.

Baca Juga:  Booming Baterai Energy Storage Telah Memasuki Fase Baru

Juga, bahan kimia baterai yang berbeda memiliki harga yang lebih tinggi berdasarkan jenis bahan kimia dan logam yang digunakan, kepadatan daya, tingkat pelepasan sendiri (self Dirscharging), dan kemudahan pembuatan.

  • Baterai Asam Timbal (Lead Acid)

Kimia asam timbal menawarkan kepadatan daya moderat bersama dengan tingkat self-discharge moderat. Baterai ini cenderung mahal.

  • Baterai NiCd

Baterai NiCd sangat murah. Mereka memiliki kepadatan sedang dan self-discharge sedang. Mereka dapat menangani tingkat debit yang lebih tinggi tanpa kehilangan kapasitas.

  • Baterai NiMH

Kimia NiMH juga murah seperti kimia NiCd. Baterai yang lebih tua memiliki kepadatan tinggi dengan tingkat debit yang tinggi. Kimia baru menawarkan kepadatan yang lebih rendah dengan tingkat debit yang lebih rendah.

  • Baterai Berbasis Lithium

Baterai berbasis lithium (lithium-ion, LiFeP04, dan lithium-polymer) lebih mahal daripada jenis baterai lainnya. Mereka semua menawarkan kepadatan yang lebih tinggi dan tingkat self-discharge yang lebih rendah. Lithium-polimer adalah satu-satunya dari tiga yang memiliki biaya produksi lebih rendah.

 

Tahapan Memproduksi Baterai Pack: Deadline Waktu Pengembangan

Dalam hal jadwal pengembangan untuk kemasan baterai, pembuatan baterai khusus akan selalu bergantung pada kebutuhan pelanggan. Kebutuhan daya aplikasi, dan kimia baterai yang dipilih akan menentukan desain paket, pembuatan prototipe, perkakas, dan kerangka waktu pengujian.

Baca Juga:  BMS Baterai Custom Vs Pabrikan, Mana yang Jadi Pilihan Ideal?

Untuk semua bahan kimia berbasis litium, waktu pengerjaan akan lebih lama karena persyaratan pengujian dan sertifikasi, yang dapat memakan waktu 6 hingga 8 minggu untuk sertifikasi UN/Dot 38.3 Transportasi dan 6 hingga 8 minggu untuk sertifikasi UL/IEC.

Ingatlah selalu bahwa setiap perubahan pada penutup kemasan baterai, bahan kimia, atau elektronik kemasan akan menambah kerangka waktu. Jika sertifikasi telah diperoleh untuk kemasan baterai berbasis lithium yang kemudian mengalami perubahan desain, sertifikasi sebelumnya tidak akan terbawa ke desain baru. Sebaliknya, pengujian harus dimulai lagi untuk desain baterai baru untuk mendapatkan sertifikasi baru.

Tahapan Memproduksi Baterai Pack: Pemasaran

Pemasaran memainkan peran besar dalam apakah permintaan pelanggan meningkat untuk produk atau aplikasi. Orang menginginkan baterai yang lebih tahan lama, aplikasi berdaya tinggi, biaya rendah, dan masa pakai baterai yang lama sebelum membeli baterai pengganti. Setelah menentukan kebutuhan daya baterai, aspek ini dapat digunakan dalam berbagai kampanye pemasaran untuk promosi produk lebih lanjut.

Pelanggan dapat memasarkan paket baterai dan aplikasi mereka mengenai kepadatan energi yang lebih tinggi untuk aplikasi berdaya tinggi, paket baterai yang lebih ringan untuk perangkat portabel, dan bahkan waktu pengisian yang lebih singkat untuk mencapai kapasitas penuh. Saat duduk dengan tim teknik dan mencari tahu ruang lingkup proyek, akan ada peluang untuk mengeluarkan manfaat desain utama yang dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam strategi pemasaran.

 

Sumber: https://blog.epectec.com/author/anton-beck

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker