NewsTeknologi dan Inovasi

Bayraktar TB3 SIHA Akan Ditenagai Mesin Turbo-diesel TEI PD170

Mesin Turbo Diesel TEI PD170 Tulang Punggung Bayraktar TB3

Di SAHA EXPO 2022, perusahaan Turki TEI mengumumkan pengiriman mesin diesel turbo PD170 untuk drone Bayraktar TB3 SIHA. Menurut pabrikan, TEI PD170 adalah mesin pesawat turbodiesel terbaik di segmennya di dunia. Ini difokuskan pada penerbangan ketinggian tinggi dan akan memungkinkan drone untuk mencapai ketinggian lebih dari 9 km. Mesin telah diserahkan ke Baykar, yang mengintegrasikannya ke dalam drone baru.

TEI PD170 digunakan dalam drone TAI Aksungur, yang memiliki batas lebih dari 12 km dan dapat bertahan di udara hingga 49 jam. Mesin turbodiesel memiliki output 126 hingga 164 kW (170 hingga 220 tenaga kuda).

Sedangkan untuk Bayraktar TB3 SIHA, penerbangan pertama drone akan dilakukan sebelum akhir tahun 2022. Drone tersebut akan digunakan oleh Angkatan Laut Turki. Ini akan dapat lepas landas dan mendarat menggunakan landasan pacu pendek, terutama di atas kapal serbu amfibi TCG Anadolu.

Mengungguli semua pesaingnya dengan kemampuan ketinggian yang lebih tinggi dan konsumsi bahan bakar yang rendah, TEI-PD170 memiliki sistem turbocharging serial dua tahap. Mesin TEI-PD170, yang dapat berjalan dengan bahan bakar JP-8 atau Jet-A1, jauh di depan para pesaingnya dengan bobot kering 162 kg.

Baca Juga:  China Berhasil Menguji Kereta Supersonik Mirip Hyperloop

Dengan Kendali Mesin Digital Otoritas Penuh (FADEC) dan perangkat lunaknya, yang diproduksi dan dikembangkan dalam batas-batas kemungkinan TEI, mesin TEI-PD170, yang telah dikembangkan sesuai dengan standar penerbangan sipil dan memiliki layanan operasi hingga ketinggian 45.000 kaki.

mesin tei pd170

PD-170, Mesin Kendaraan Udara Tak Berawak turbodiesel pertama Turki yang dikembangkan dengan kemampuan nasional dan domestik oleh industri TUSAS Motor AS (TEI-TUSAS Engine Industries) diharapkan akan dikirimkan pada akhir tahun.

PD-170 akan digunakan oleh platform Anka, Aksungur, Akinci dan Bayraktar TB3. Dianggap sebagai titik balik bagi penerbangan Turki, PD-170 akan menambah kekuatan kendaraan udara tak berawak nasional, yang telah sering disebutkan baru-baru ini. Dengan mesin yang memenuhi syarat sebagai yang terbaik di kelasnya, drone akan dapat bertahan di udara, take off lebih cepat, dan membawa lebih banyak muatan.

Baca Juga:  PLTS Terintegrasi Hidrogen Mulai Dikembangkan untuk Pembangkit listrik

PD-170 memberikan kepercayaan diri dengan memberikan kinerja yang diinginkan saat menjalani uji coba yang sulit. Mesin yang berbobot 165 kilogram ini bisa mencapai ketinggian 40 ribu kaki. Dalam hal kinerja, ia memiliki perbedaan menjadi “terbaik” di kategorinya juga unggul karena konsumsi bahan bakarnya yang rendah.

Mesin penerbangan turbodiesel TEI-PD170 merupakan proyek yang diprakarsai di bawah dukungan Presidensi Industri Pertahanan untuk mengembangkan mesin penerbangan asli dan nasional pertama Turki dengan tujuan memenuhi kebutuhan daya MALE (Kendaraan udara tak berawak kelas Medium Altitude Long Endurance) khususnya ANKA, memiliki kapasitas tenaga 172 HP (± 2).

Spesifikasi Mesin UAV TEI-PD170

Engine Configuration: Straight 4 Cylinder
Displacement: 2,1 Liters
Air Supply: Two Stage Serial Turbocharger
Fuel Supply: Common Rail
Take-off Power: 172 HP (±2)
Continuous Power: 172 HP (±2)
High-Altitude Power (@20.000 ft.): 170 HP
High-Altitude Power (@30.000 ft.): 130 HP

Baca Juga:  Panduan Memilih Drone yang Tepat untuk Kebutuhan Anda

BSFC (@ MSL): 207 g/kWh (±3)
Fuel: JP-8 or Jet-A1
Dry Weight: 162 kg
Engine Control: Full Authority Digital Engine Control (FADEC)
Aircraft Configuration: Pusher and puller
Propeller Control: FADEC Controlled Hydro-Mechanical Governor
Electrical Power Generation: 2 x 4,5 kW
FADEC Software and Alternator Control: DO-178C DAL-C certifable

Selain memasok berbagai industri dalam negeri mesin UAV unggul ini juga akan dieksport ke beberapa negara. Menyatakan pada Januari 2021 telah dilakukan negosiasi dengan Thailand, Malaysia, Pakistan bahkan Amerika Serikat untuk ekspor mesin UAV PD170, General Manager TEI Prof. dr. Mahmut Faruk Akşit menyatakan bahwa ini adalah produk yang menonjol dengan penghematan bahan bakar dan biaya.

Malaysia, Thailand, dan Pakistan telah mengembangkan beberapa prototipe mesin Drone UAN yang unggul untuk kebutuhan dalam negerinya dengan menggunakan mesin TEI maka drone akan memiliki superioritas udara yang mumpuni.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami