Teknologi Militer

Bom GLSDB: Cara Kerja, Fitur, dan Material Pembuatannya

Teknologi Misil Ground Launch Small Diameter Bomb Bom kecsil yang mematikan

Ground Launch Small Diameter Bomb (GLSDB) adalah senjata presisi berupa bom kecil dengan diameter yang kecil yang diluncurkan dari darat. Senjata ini dirancang untuk memberikan kemampuan presisi yang tinggi dalam melawan target yang sulit dijangkau atau terlindungi. GLSDB dapat diluncurkan dari kendaraan darat seperti truk, atau dari peluncur khusus yang dipasang di tanah.

Senjata ini memiliki berbagai macam sensor dan sistem panduan untuk memastikan akurasi yang tinggi. GLSDB dapat membawa berbagai jenis hulu ledak, termasuk hulu ledak yang dirancang khusus untuk melawan target yang terlindungi atau sulit dijangkau.

Dimensi dan Ukuran Bom GLSDB

Sistem GLSDB (Ground-Launched Small Diameter Bomb) dikembangkan oleh Saab Group bermitra dengan Boeing Defense, Space & Security. Secara de facto, ini adalah kombinasi dari dua sistem senjata klasik: bom luncur GBU-39 SDB presisi tinggi berukuran kecil dan mesin roket M26 dari MLRS/HIMARS MLRS. Kedua sistem telah beroperasi dengan pasukan AS dan sekutu selama beberapa dekade dan tersedia secara luas.

Ground Launch Small Diameter Bomb (GLSDB) memiliki diameter yang kecil, yaitu sekitar 17,6 cm  dan panjang sekitar 170 cm (67 inci). Senjata ini memiliki berat sekitar 113 kg (250 pound) dan dapat membawa hulu ledak dengan berbagai ukuran dan tipe. Ukuran kecil GLSDB memungkinkannya untuk diluncurkan dari peluncur khusus yang dipasang di tanah atau dari kendaraan darat seperti truk, dan juga memungkinkan penggunaan senjata ini dalam situasi yang memerlukan presisi yang tinggi.

Cara Kerja Bom GLSDB

Ground Launch Small Diameter Bomb (GLSDB) dirancang untuk memberikan kemampuan presisi yang tinggi dalam melawan target yang sulit dijangkau atau terlindungi. Berikut adalah cara kerja GLSDB:

  1. Pemilihan Target: Pertama, operator memilih target yang akan diserang menggunakan sensor dan sistem pengintaian yang tersedia, seperti kamera dan radar.
  2. Pengisian Koordinat: Operator menginput koordinat target ke sistem kendali senjata menggunakan sistem navigasi GPS yang ada.
  3. Pengaturan Sistem Panduan: GLSDB memiliki berbagai macam sensor dan sistem panduan seperti Inertial Navigation System (INS), Global Positioning System (GPS), serta terminal guidance seeker yang dipasang di hulu ledak. Sensor dan sistem panduan ini membantu GLSDB untuk melacak target dan memastikan akurasi serangan.
  4. Peluncuran: GLSDB diluncurkan dari peluncur khusus yang dipasang di tanah atau dari kendaraan darat seperti truk, menggunakan roket untuk membawa senjata menuju target.
  5. Terminal Guidance: Setelah senjata mencapai ketinggian dan jarak tertentu, terminal guidance seeker pada hulu ledak GLSDB akan aktif dan membantu melacak target dengan presisi tinggi. Terminal guidance seeker ini dapat berupa sistem panduan laser atau infra-merah.
  6. Ledakan: Setelah hulu ledak mencapai target, ia akan meledak dan merusak target tersebut. GLSDB dapat membawa berbagai jenis hulu ledak, termasuk hulu ledak yang dirancang khusus untuk melawan target yang terlindungi atau sulit dijangkau.
Baca Juga:  SU-75 ChekMate: Teknologi, Persenjataan, dan Fitur Unggulan

Dalam keseluruhan prosesnya, GLSDB menggunakan teknologi sensor dan sistem panduan yang canggih untuk memberikan akurasi yang tinggi dalam melawan target yang sulit dijangkau atau terlindungi, serta meminimalkan risiko kerusakan di area sekitar target.

Material (Bahan Pembuat) GLSDB

Ground Launch Small Diameter Bomb (GLSDB) terbuat dari berbagai jenis material yang dirancang untuk memberikan kinerja yang optimal dalam kondisi operasional yang berbeda. Beberapa material yang digunakan dalam pembuatan GLSDB antara lain:

  1. Bahan Korps: Korps GLSDB biasanya terbuat dari bahan komposit termoplastik yang kuat dan ringan. Bahan ini memberikan perlindungan dan kekuatan yang cukup untuk membawa hulu ledak dengan aman dan dapat bertahan dalam kondisi operasional yang ekstrem.
  2. Bahan Rangka: Rangka GLSDB dibuat dari bahan logam seperti aluminium dan baja, yang memberikan kekuatan tambahan untuk senjata ini. Bahan ini juga membantu mengurangi berat keseluruhan GLSDB, sehingga memungkinkan senjata ini diluncurkan dari peluncur yang berbeda-beda.
  3. Bahan Hulu Ledak: Hulu ledak GLSDB dapat dibuat dari berbagai bahan, tergantung pada tujuan dan sasaran serangan. Misalnya, hulu ledak konvensional biasanya terbuat dari bahan peledak seperti TNT, RDX, atau HMX, sementara hulu ledak untuk melawan target yang dilindungi dapat terbuat dari bahan yang lebih kuat seperti logam atau bahan eksotik seperti nano-material.
  4. Bahan Sensor dan Sistem Panduan: Sensor dan sistem panduan GLSDB dibuat dari bahan yang sangat sensitif dan akurat, seperti kristal piezoelektrik dan material optik seperti kaca dan silikon. Bahan ini dirancang untuk memberikan akurasi yang tinggi dalam melacak dan mengarahkan senjata menuju target.
Baca Juga:  Pesawat Tempur J-10 China: Teknologi, Fitur, dan kelemahannya

Kombinasi dari berbagai jenis material yang digunakan dalam GLSDB memungkinkan senjata ini untuk memiliki bobot yang ringan, kekuatan yang tinggi, serta kemampuan presisi yang akurat dalam operasinya.

Kelemahan Bom GLSDB

Seperti senjata lainnya, Ground Launch Small Diameter Bomb (GLSDB) juga memiliki kelemahan tertentu. Berikut adalah beberapa kelemahan GLSDB:

  1. Terbatas pada kondisi cuaca: GLSDB tergantung pada sistem panduan yang akurat untuk mencapai target dengan tepat. Namun, sistem panduan ini dapat terganggu oleh kondisi cuaca yang buruk seperti hujan lebat, kabut tebal, atau badai pasir. Oleh karena itu, kondisi cuaca yang buruk dapat mempengaruhi akurasi dan kinerja GLSDB.
  2. Rentan terhadap sistem pertahanan udara: GLSDB dapat menjadi target bagi sistem pertahanan udara musuh seperti rudal anti-pesawat atau meriam anti-pesawat. Oleh karena itu, jika GLSDB diluncurkan ke wilayah musuh yang memiliki sistem pertahanan udara yang kuat, kemungkinan besar senjata ini dapat diintersep sebelum mencapai targetnya.
  3. Harga yang mahal: GLSDB termasuk senjata presisi dengan teknologi canggih, sehingga harganya dapat cukup mahal. Hal ini membuat penggunaannya menjadi terbatas dan tidak semua negara atau pasukan memiliki akses ke senjata ini.
  4. Keterbatasan jumlah hulu ledak: GLSDB dirancang untuk membawa hulu ledak dengan ukuran dan bobot kecil. Meskipun hulu ledak GLSDB sangat efektif dalam menyerang target tertentu, jumlah hulu ledak yang dapat dibawa oleh satu senjata ini terbatas.
Baca Juga:  Jet Tempur SU-57, Persenjataan Buas dengan Teknologi Siluman

Meskipun demikian, kelemahan GLSDB tidak membuat senjata ini kehilangan efektivitasnya sebagai senjata presisi yang mampu memberikan dukungan kepada pasukan dalam menghadapi target yang sulit dijangkau atau terlindungi. Sebaliknya, kelemahan tersebut harus dipertimbangkan dan diatasi agar penggunaan GLSDB dapat berjalan optimal.

Produsen GLSDB

Ground Launch Small Diameter Bomb (GLSDB) diproduksi oleh beberapa perusahaan produsen senjata terkemuka di dunia, termasuk:

  1. Boeing Defense & SAAB Group, Space & Security: Perusahaan ini merupakan salah satu produsen utama GLSDB untuk Angkatan Udara Amerika Serikat.
  2. Raytheon Technologies: Perusahaan ini merupakan produsen senjata dan sistem pertahanan terkemuka di dunia, termasuk GLSDB.
  3. Lockheed Martin: Perusahaan ini adalah produsen senjata dan sistem pertahanan terbesar di dunia dan memproduksi berbagai senjata, termasuk GLSDB.
  4. Northrop Grumman: Perusahaan ini juga merupakan salah satu produsen senjata dan sistem pertahanan terkemuka, termasuk GLSDB.

Perusahaan-perusahaan tersebut memproduksi GLSDB dengan menggunakan teknologi canggih dan bahan berkualitas tinggi, sehingga senjata ini dapat memberikan kinerja yang optimal dalam kondisi operasional yang berbeda. Namun, produsen GLSDB biasanya hanya memproduksi senjata ini untuk digunakan oleh militer dan pihak-pihak tertentu yang diizinkan, dan tidak tersedia untuk umum.

 

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami