Produk Bahan Bangunan

Fiberglass, Aplikasi Fiberglass Sebagai Bahan Konstruksi dan Bangunan

Fiberglass, Aplikasi Fiberglass Sebagai Bahan Konstruksi dan Bangunan. Fiberglass adalah bahan anyaman yang tertanam dengan kaca dalam bentuk serat. Bahan tersebut kemudian cetak dalam resin atau bentuk lain dari bahan pengikat untuk menciptakan bahan komposit yang sangat kuat. Serat biasanya disusun secara acak dan kemudian diratakan menjadi lembaran.

Fiber dikenal sangat tahan lama dan dapat dibeli dalam berbagai bentuk dan ukuran. Plastik yang diperkuat fiber dapat dibentuk beragam sesuai kebutuhan. Bahan ini pertama kali dipatenkan oleh Hermann Hammesfahr di Amerika Serikat pada tahun 1880 dan telah diproduksi secara massal sejak awal 1930-an setelah ditemukannya untaian kaca oleh Games Slayter.

Fiber populer di antara banyak industri seperti industri penerbangan, mobil dan elektronik, tetapi sifat spesifiknya juga baik untuk industri bangunan dan struktural.

Ada banyak bahan komposit serat yang telah dikembangkan sejak awal 1960-an untuk menjadi pengganti baja agar dapat digunakan sebagai penguat pada pelat dan kolom beton. Serat uni-directional ini biasanya lembek, tetapi serat-serat ini dibuat menjadi batang dengan mengkompositkan dengan resin seperti epoksi atau vinil untuk membuat lebih kuat.

Bahan modern ini memiliki banyak aplikasi industri karena sifat materialnya yang ringan dan kekuatan tinggi. Serat-serat ini juga memiliki keunggulan kekuatan tinggi, berat rendah dan korosifitas yang dapat diabaikan serta ketahanan terhadap kerusakan UV. Mereka juga menawarkan produk bebas perawatan yang datang dalam berbagai warna dan ukuran. bahan ini masih lebih mahal daripada baja konvensional, namun lebih ekonomis daripada produk serat karbon.

 

Aplikasi Fiberglass pada Industri Konstruksi

Fiberglass dapat digunakan untuk berbagai produk di industri bangunan. Ini termasuk yang berikut:

  • Atap dan Dek Atap
  • Pintu Sliding
  • Form Deck
  • Louvers dan Ridge Vents
  • Talang dan Downspouts
  • Panel Penerangan Siang Hari
  • Panel Bangunan Pertanian
  • Panel Menara Pendingin
  • Dll

Selain itu, fiberglas sangat berguna dalam kondisi korosif di mana baja mungkin perlu menjalani perawatan dan pemeliharaan yang mahal untuk mencegah ketidakstabilan struktural. Balok fiberglass, dan bentuk struktural lainnya mampu memberikan kinerja yang luar biasa dengan perawatan minimal kepada pengguna. Banyak perusahaan menawarkan bagian untuk balok primer dan sekunder yang dapat dirancang khusus untuk muatan tinggi atau bentang panjang.

Perusahaan khusus, seperti Enduro, menawarkan berbagai solusi yang beragam seperti sektor teknik itu sendiri. Panel dan bagian fiberglas dapat digunakan sebagai opsi yang tidak korosif dan layak secara struktural untuk banyak proyek termasuk bangunan konvensional, fasilitas pengolahan air limbah, bangunan transparan, dan Lampiran Uji EMI. Karena biaya dimuka bahan ini, kemungkinan besar digunakan untuk proyek-proyek dengan kondisi lingkungan yang sangat menantang yang dapat menyebabkan masalah struktural dalam jangka panjang dari bahan konvensional yang digunakan.

 

Sumber:

  • Azobuild.com
  • Enduro Composites. (2018). Fiberglass Buildings. Retrieved from endurocomposites.com: https://endurocomposites.com/products/building-products/fiberglass-buildings/
  • FGD. (2018, February). What is Fibreglass or Fiberglass? Retrieved from fibreglassdirect.co.uk: https://www.fibreglassdirect.co.uk/blog/post/what-is-fibreglass-or-fiberglass/
  • Gordon, J. E. (1991). The New Science of Strong Materials. UK: Penguin.

Kata Kunci:

fiberglass dalam konstruksi,mengapa fiberglass digunakan sebagai bahan mobil fan bangunan

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker