Produk Bahan Bangunan

Panel Gypsum Fiberglass Material Konstruksi Masa Depan

Panel Gypsum yang Diperkuat Serat Fiber

Panel Gypsum Fiberglass atau Glass Fiber Reinforced Gypsum panels (GFRG) atau Rapid wall adalah elemen bangunan modern yang dirancang oleh GFRG Building System Australia untuk pembangunan rumah skala besar dalam rentang waktu yang sangat singkat.

Panel GFRG pada dasarnya adalah plester gipsum yang dikalsinasi, diperkuat dengan serat kaca yang bila diisi dengan beton bertulang dalam proporsi yang sesuai menjadi cukup kuat untuk bertindak sebagai bantalan beban dan dinding geser.

Panel Panel Gypsum Fiberglass (GFRG) bahkan dapat menahan beban lateral akibat gempa bumi dan angin. Tidak hanya dinding, tetapi atap, lantai, kacamata dan dinding batas juga dapat dibuat menggunakan panel GFRG. Melihat keberhasilan dan kelebihannya yang tak terhitung banyaknya, teknologi menyebar seperti api dan sedang diadopsi secara luas di seluruh industri konstruksi.

Panel GFRG awalnya berwarna putih (karena gipsum) dan memiliki permukaan yang halus. Mereka dapat dicat putih atau dicat tanpa semen yang melapisi dinding, oleh karena itu, memberikan beberapa ruang kreativitas bagi klien.

Detail panel gypsum fiberglass

Dimensi khas panel bangunan GFRG adalah 12 x 3 x 0,127 m yang beratnya sekitar 1,6 ton. Ini dilengkapi dengan 4 rongga dalam 1 meter dari panel.

 

Pembuatan Panel Gypsum Fiberglass

  • Pembuatan panel GFRG dilakukan di pabrik semi-otomatis menggunakan bubur yang diperoleh dengan memanaskan gipsum mentah terkalsinasi.
  • Gypsummentah terkalsinasi (plester) dicampur dengan air, semen putih dan bahan kimia tertentu seperti D50 (retarder) dan BS94 (penolak air) dalam mixer.
  • Berbagai lapisan bubur kemudian disebarkan di atas meja dan diselingi dengan serat kaca dan sumbat aluminium (untuk membuat lubang berlubang).
  • Setelahsetengah jam atau lebih, colokan aluminium dilepas dan panel dikirim ke pengering.
Baca Juga:  Lampu Philips Tenaga Surya Sudah Menyapa Pengguna di Indonesia

Panel GFRG dapat dengan mudah diangkut dari pabrik ke lokasi melalui truk atau trailer. Harus dipastikan bahwa panel diletakkan pada posisi vertikal (menggunakan stillages) untuk menghindari kerusakan selama pengangkutan.

Aplikasi Gypsum Proyek di Fiber

Aplikasi Panel GFRG

  • Sebagai dinding bantalan ringan
  • Sebagaidinding bantalan beban vertikal dan geser berkapasitas tinggi
  • Sebagaidinding partisi
  • Sepertilempengan atap / lantai horisontal
  • Sebagaidinding majemuk / dinding pengaman
  • Sepertiatap bernada
  • Seperticladding dalam struktur industri

 

Konstruksi dengan Panel GFRG

  • Proses konstruksi hingga tingkat alas tetap sama seperti pada metode konvensional. Tidak diperlukan fondasi khusus untuk pemasangan panel GFRG.
  • Pondasib dibangun di area alas dengan batang besi yang menonjol yang dimaksudkan untuk memperkuat interlocking dengan sel-sel panel.
  • Panel GRFG ditempatkan pada posisi yang tepat menggunakan alat mekanis, lebih disukai derek, dan dukungan eksternal disediakan untuk menjaga vertikalitas. Pemotongan yang diperlukan untuk pintu, jendela, perlengkapan sanitasi, ventilasi dll dibuat sesuai desain.
  • Rongga berongga diisi dengan beton dan tulangan sesuai kebutuhan untuk memperkuat panel. Secara umum, beton diisi dalam setiap rongga ketiga panel dan rongga yang tersisa dapat diisi dengan bahan limbah seperti debu tambang.
  • Akhirnya, perawatan anti air dilakukan untuk atap dan lantai bangunan.
Baca Juga:  Asia Flooring, Spesialis Lantai Kayu di Surabaya, Pemasangan dan Finishing Wood Flooring

 

Kelebihan Menggunakan Panel Gypsum Fiberglass

1) Konstruksi Lebih Cepat

Bangunan konvensional dengan G + 1 yang biasanya dibangun dalam rentang 6-8 bulan dapat dibangun dalam sebulan dengan panel GFRG.

2) Ekonomis

GFRG mengurangi konsumsi semen hingga hampir 50%, baja sebesar 35% dan pasir sebesar 76% yang menakjubkan.

3) Tahan Api

Jika terjadi kebakaran, panel GFRG melepaskan kelembaban 15-20% dari beratnya sendiri yang sebagian besar mengurangi suhu permukaan dan kerusakan akibat kebakaran.

4) Tahan Gempa Bumi

Panel GFRG telah terbukti berhasil menahan dampak gempa bumi di zona seismik kelima karena panelnya dapat diubah menjadi dinding geser juga.

5) Lebih dingin dari pada bangunan konvensional

Jika dibandingkan dengan bahan bangunan konvensional, panel GFRG dapat membuat bangunan Anda lebih dingin hingga 4 derajat.

Baca Juga:  KDK Exhaust Fan, Rajanya Kipas Ventilasi Untuk Properti Sehat

6) Kekuatan dan Daya Tahan

Kekuatan dan daya tahan panel GFRG adalah lima kali lipat dari bahan konstruksi konvensional. Selain itu, gypsum dikenal karena kekuatannya dan menawarkan stabilitas dimensi dan daya tahan yang sangat baik.

7) Tahan Air

Bahan kimia tertentu ditambahkan ke campuran selama pembuatan panel GFRG yang membuatnya tahan terhadap serangan air.

8) Lebih Luas Karpet

Karena ketebalan dinding yang dibuat dengan panel GFRG lebih kecil (5 inci) bila dibandingkan dengan dinding konvensional (9 inci), area karpet yang lebih besar dapat diakses di gedung GFRG.

Keterbatasan Panel Panel Gypsum Fiberglass

Panel harus ditangani dengan sangat hati-hati dan dibutuhkan mesin khusus untuk pergerakannya.

  • Panel tidak dapat digunakan untuk dinding dengan kelengkungan melingkar atau lebih tinggi.
  • Panel harus ditumpuk dengan rapi untuk menghindari abrasi.
  • Rentang yang jelas dibatasi hingga 5m untuk bangunan tempat tinggal.

Proyek konstruksi terikat oleh batasan waktu. Terserah kontraktor untuk berinovasi dan menghasilkan desain material baru untuk mengatasi pembatasan ini sambil tetap setia pada spesifikasi rencana. Sistem GFRG telah terbukti sangat efektif dalam semua aspek konstruksi terutama dalam waktu dan biaya.

Komentar

comments

Tags
aplikasi Panel Gypsum Fiberglass harga Panel Gypsum Fiberglass jual Panel Gypsum Fiberglass kelebihan Panel Gypsum Fiberglass kelemahan Panel Gypsum Fiberglass Panel Gypsum Fiberglass pembuatan Panel Gypsum Fiberglass

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker