Alat Berat

Membeli Forklift Bekas, Bagian mana yang harus di Cek?

Membeli Forklift Bekas, Bagian mana yang harus di Cek?. Membeli forklift yang baru terkadang terasa terlalu menguras investasi, apalagi jika bisnis baru mulai berjalan. Membeli forklift bekas bisa menjadi salah satu pilihan.

Namun membeli forklift bekas agak susah sebab kita harus teliti sebelum membeli. Harga mesin alat berat yang mahal membuat kita harus ekstra teliti. Berikut ini adalah panduan saat kita ingin membei forklift bekas.

Membeli Forklift Bekas, Cek Garpu dan Tiang

Mulai inspeksi dari depan forklift. Anda harus memeriksa garpu apakah ada lengkungan, retakan, atau jenis distorsi lainnya. Ini dapat terjadi jika garpu telah kelebihan beban atau digunakan secara salah untuk memuat item yang seharusnya tidak dilakukan. Jika garpu memiliki penyimpangan kecil Anda bisa meluruskannya. Kami akan merekomendasikan bahwa jika ada penyimpangan Anda harus mengganti garpu.

membeli forklift bekas

Saat Anda memeriksa tiang, periksa juga tumit garpu (rujuk ke alat bantu visual) apakah ada tanda-tanda retak. Sangat penting bahwa ketebalan garpu tumit seimbang dengan ketebalan garpu tegak (bagian dari garpu yang diikat ke kait). Setelah Anda menentukan kondisi forks heels, lihat di atas silinder hidrolik yang mengoperasikan tiang.

Cek apakah ada kebocoran dari silinder, bedakan anatara kebocoran silinder dengan pelumasan ringan sebab biasanya bagian rantai juga dilumasi sehingga cairan pelums bisa meleleh. Dari silinder lihat ke atas tiang dan periksa apakah ada celah atau bekas las. Anda juga harus memeriksa bahwa pin tiang, kemiringan dan silinder shift pengaman samping dalam keadaan baik.

Baca Juga:  Membeli Alat Berat Bekas, Panduan Teknis Bagi Pembeli

 

Membeli Forklift Bekas, Cek Saluran Mast, Rantai Pengangkat & Silinder

Periksa saluran mast dengan hati-hati; mencari bekas las atau retakan yang dapat mempengaruhi keandalan struktur tiang. Saat Anda memeriksa rol mast,Cek tanda-tanda keausan yang ekstrem – seperti bentuk oval terkompresi alih-alih bentuk bulat. Ikuti panjang rantai pengangkat setelah memeriksa rol dan mudah-mudahan Anda tidak akan melihat adanya jangkar atau tautan jangkar yang hilang atau rusak. Itu bukan pertanda baik!

Anda juga harus memeriksa selang yang sejajar dengan rantai apakah ada kebocoran. Jika Anda mengidentifikasi segala jenis kebocoran, itu kemungkinan cairan hidrolik. Saluran dan rantai tidak boleh menunjukkan perbedaan nyata dari satu sisi ke sisi lain. Pastikan juga memeriksa bahwa tidak ada baut yang hilang atau tidak aman dengan mengikuti panjang rantai dan selang ke silinder.

 

Membeli Forklift Bekas, Cek Atap dan Pelindung Operator

Tempat kemudi harus benar-benar diperhatikan terutama atap dan tiang pelindung. Pastikan tidak ada tekukan atau kerusakan pada pelindung. Jika Anda melihat tanda-tanda pengelasan di atap dan perbaikan telah dilakukan, Anda tidak boleh membeli forklift bekas ini. Ini karena telah dikompromikan secara struktural dan sekarang tidak aman.

Baca Juga:  Alat Berat Compactor, Alat Pemadat Tanah Andalan Kontraktor Jalan dan Infrastruktur

Untuk forklift dengan kabin tertutup Anda harus memastikan bahwa semua panel dan jendela aman dan tidak rusak. Anda harus memastikan orang berikutnya yang mengoperasikan forklift dapat melakukannya dengan aman. Pastikan untuk memeriksa pelindung kepala dan rangka untuk memastikan semua baut aman. Bersikaplah cermat dan luangkan waktu sebanyak yang Anda butuhkan – Anda tidak ingin kecewa bukan?.

 

Kontrol Operator & Fungsi Umum

Masuklah ke kursi operator forklift dan ikat sabuk pengaman. Periksa kondisi sabuk pengaman dan pastikan semua berfungsi dengan baik. Kursi harus aman dan bisa diatur posisinya. Jika kursi robek, Anda harus menggantinya karena dapat membatasi pergerakan operator – ini murah untuk diganti tetapi benar-benar diperlukan.

UNTUK MENGOPERASIKAN FORKLIFT ANDA HARUS MEMILIKI LISENSI OPERATOR FORKLIFT SAAT. Jika Anda akan memeriksa forklift dan tidak memiliki lisensi, pastikan untuk membawa seseorang yang melakukannya untuk memastikan fungsi berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga:  Excava 50 Mini, Excavator Buatan Pindad dengan Sederet Keunggulan

MULAI Nyalakan MESIN! Anda harus memastikan bahwa operasi pengemudian, kemudi, dan pengereman baik! Dengarkan suara-suara tidak biasa di mesin. Uji kontrol operasi hidrolik dan coba setiap fungsi mast – up, turun, kiri, kanan dan miring.

Untuk menguji tingkat respons kemudi dan pengereman, menggerakkan forklift dalam pola angka delapan, maju dan mundur, berhenti dan mulai sering. Pastikan alat pengukur berfungsi dengan benar dan periksa semua kontrol berfungsi.

 

Membeli Forklift Bekas, Cek Tempat Mesin

Meski Mesin menyala normal dan forklift beroperasi sebagaimana mestinya tetapi selalu periksa di bawah kap. Lihat bagian-bagian mesin untuk memastikan tidak ada retakan, kebocoran, selang yang rusak atau kerusakan nyata pada komponen mesin.

Periksa semua cairan dan minyak seperti yang Anda lakukan dengan mobil Anda. Perhatikan dengan seksama kondisi vanbelt untuk memastikan vanbelt normal. Periksa koneksi baterai dan filter udara. Selain pemeriksaan cairan, Anda hanya perlu memeriksa kondisi mesin secara visual.

Saat Anda berada di belakang forklift, periksa pelindung knalpot; menilai kerusakan dan memeriksa bagian belakang. Pemeriksaan terakhir adalah untuk memastikan bahwa baut penyeimbang berada di posisinya.

 

 

 

Kata Kunci:

lapak mesin forklift bekas

Komentar

comments

Tags
agen forklift bekas surabaya bahaya membeli forklift bekas cek kualitas forklift bekas harga forklift bekas jual forklift bekas jual forklift bekas murah membeli forklift bekas panduan membeli forklift bekas resiko membeli forklift bekas tips membeli forklift bekas

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker