Teknologi dan Inovasi

Panduan Memilih Drone yang Tepat untuk Kebutuhan Anda

Semenjak dikomersialisasikan sehingga dapat dimiliki oleh seluruh masyarakat, drone menjadi kian populer. Apalagi cara penerbangannya cukup sederhana sehingga mudah dipelajari oleh seorang awam sekalipun. Dan yang lebih penting adalah drone telah ditunjang oleh fitur kamera sehingga menjadikan perangkat ini sangat bagus untuk mengambil gambar dan video dari udara. Tak heran jika peminatnya tak pernah sepi dari hari ke hari.

Bersamaan dengan fenomena tersebut, produsen drone menyediakan berbagai pilihan drone agar bisa memenuhi berbagai jenis kebutuhan konsumen. Jika Anda berkeliling atau sekadar mencari di internet ketika hendak memilih drone, Anda akan disodori banyak sekali opsi. Oleh karena itu, agar tak salah pilih, Anda harus memilih drone yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Simak beberapa tips di bawah ini mengenai langkah-langkah memilih drone yang paling cocok di antara sekian banya drone lainnya.

1. Pertimbangkan Tingkat Kemampuan Anda

Ini adalah langkah paling dasar dalam memilih drone. Anda harus mengenali kemampuan atau keahlian Anda dalam menerbangkan drone masuk dalam tingkatan apa. Hal ini dikarenakan tiap drone memiliki tingkat kesulitan pengoperasian yang berbeda tergantung fitur dan komponen di dalamnya. Anda harus memilih drone yang seusai dengan keahlian agar bisa mengelola drone tersebut secara tepat.

Baca Juga:  7 Komponen Utama Penyusun Seperangkat Drone

Jika ingin membeli drone untuk mainan anak, pilihlah drone dengan harga rendah namun kokoh serta memiliki fitur keamanan. Drone anak seharusnya tidak rumit pengoperasiannya. Jika Anda ingin membeli drone untuk pemula yang baru mempelajari drone, carilah drone yang memang khusus dirancang untuk pilot drone pemula. Drone untuk pemula biasanya harganya menengah, namun sudah lebih intuitif dan responsif untuk penerbangan. Nah, jika kemampuan Anda sudah selevel ahli profesional, pilih drone superior yang sudah didukung fitur-fitur tercanggih agar keahlian Anda semakin terasah.

2. Tentukan Tujuan Penggunaan Drone

Drone bisa melakukan banyak hal sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Ada drone yang hanya bisa terbang outdoor, ada pula drone yang memungkinkan untuk terbang di dalam maupun di luar ruangan. Beberapa drone bisa melakukan manuver akrobatik untuk balapan, kemudian yang lain bisa digunakan untuk kegiatan fotografi maupun videografi. Bahkan tiap drone memiliki kualitas fotografi dan videografi yang berbeda-beda pula. Maka, Anda harus mengkhususkan tujuan penggunaan drone Anda agar mempersempit pilihan.

Baca Juga:  Lampu Philips Tenaga Surya Sudah Menyapa Pengguna di Indonesia

3. Tentukan Fitur yang Dibutuhkan

Anda harus secara spesifik menentukan fitur apa yang Anda perlukan dari sebuah drone. Banyak sekali variasi dan spesifikasi dari tiap fitur di berbagai drone, mulai dari kameranya, jenis controller-nya, dukungan GPS, ukurannya, jenis baterai, ketahanan terbang, aksesoris, hingga cara merakitnya. Jika memerlukan drone yang bisa langsung diterbangkan tanpa dirakit, pilih yang yang RTF atau siap terbang. Intinya, tentukan fitur mana yang paling Anda butuhkan dan paling menonjol. Hal ini penting agar Anda tidak memilih drone yang memiliki terlalu banyak fitur yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Fitur-fitur tersebut nantinya bakal tidak terpakai dan justru menguras kantong Anda.

4. Seimbangkan Kualitas dengan Harganya

Harga merupakan hal yang selalu dipertimbangkan saat memilih sesuatu. Dalam membeli drone, tidak semua yang berharga mahal pasti lebih baik dari yang harga menengah. Karena kinerja baik buruk sebuah drone ditentukan oleh kesesuaian dengan kriteria calon pembelinya. Bisa jadi drone menengah memiliki kualitas material lebih bagus dari pada drone mahal. Untuk mengetahuinya, sebaiknya melakukan riset dengan membaca atau menonton berbagai review serta informasi spesifikasi drone. Ulasan pengguna lain akan sangat membantu untuk menyeimbangkan harga dan kualitas drone pilihan Anda.

Baca Juga:  Philips Signify Kembangkan Transfer Data Gelombang Cahaya (LiFi)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker