Farm & Garden

Begini Cara Mudah Membuat Kebun Hidroponik di Rumah

Untuk membuat kebun hidroponik di rumah, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Ada banyak cara mengelola lahan kosong di rumah. Kamu bisa menanamnya dengan berbagai tanaman bunga hingga buah. Salah satu cara pemanfaatan lahan adalah dengan membuat kebun hidroponik. Ternyata cara membuatnya cukup mudah. Berikut cara yang perlu kamu lakukan.

Menyiapkan Alat dan Bahan untuk Membuat Kebun Hidroponik

Tentunya kamu harus menyiapkan beberapa bahan. Pertama adalah pipa paralon dengan diameter 3 inch. Jangan lupa untuk membeli pipa penyambung dan penutup paralon. Kamu juga membutuhkan selang, gelas plastik pompa akuarium dan spons. Jangan lupa memakai alat seperti alat solder dan alat bor.

Membuat Kebun Hidroponik dengan Rangka

Hal pertama yang harus dibuat adalah rangkanya terlebih dahulu. Coba potong paralon sesuai dengan panjang yang diinginkan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan luas pekarangan ya. Setelah dipotong, lubangi permukaan paralon sesuai ukuran gelas plastic.

Saat membuat lobang, jangan lupa beri jarak sekitar 15 sampai 20 cm. Dengan demikian lubang tanaman tidak saling menghimpit. Setelah semua paralon yang terpotong sudah dilubangi, kamu harus menutup kedua ujung paralon.

Baca Juga:  Manfaat Panel Surya untuk Pertanian

Buat Metode Pengairan

Metode pengairan adalah hal penting untuk membuat tanaman tumbuh subur. Ada dua jenis metode pengairan yang bisa kamu pilih. Pertama adalah metode sumbu. Kamu hanya perlu memberi sumbu yang terbuat dari kain flannel di bawah gelas plastic. Kedua adalah metode drip system. Kamu hanya perlu mengalirkan air supaya sirkulasi oksigen dan nutrisi berjalan baik.

Pasang Pompa Air

Untuk membuat kebun hidroponik di rumah memang dianjuran untuk memakai sistem drip. Jika memilih metode ini kamu cukup menyipakna pompa akuarium dengan ember untuk menampung air. Lubangi salah satu penutup pada masing-masing peralon. Pasangkan selang kecil yang terhubung dengan ember.

Pompa akuarium harus diletakkan pada ember supaya bisa mengalirkan air ke semua paralon dengan selang. Kamu tidak perlu menyalakan pompa setiap saat. Nyalakan satu hingga dua kali di setiap pagi maupun sore hari.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Taman Kecil di Depan Rumah

Menyusun Gelas Plastik di Lubang Paralon

Hal terpenting dalam membuat kebun hidroponik di rumah adalah dengan menyiapkan media tanam. Kali media tanam akan menggunakan gelas plastic atau pot khusus yang sudah disiapkan. Kamu bisa menyusun gelas tersebut ke dalam lubang paralon yang sudah disediakan.

Agar tanaman bisa mendapatkan asupan cairan dan nutrisi, jangan lupa untuk melubangi bagian pantat gelas plastik. Kamu bisa melakukannya dengan bantuan alat solder. Jangan lupa untuk membuat beberapa lubang kecil sebagai jalur keluar masuk air. Di dalam gelas tersebut, kamu bisa memasukkan spons atau media tanam yang cocok untuk bibitnya.

Setelah gelas sudah tertata rapi, kamu tinggal meletakkan media taman yang dipilih pada bagian dasar gelas. Agar tampak rapi kamu bisa memotong spons yang mengikuti gelas. Setelah media tanam sudah siap, kamu bisa langsung meletakkan bibit tanaman. Sebagai pemula, kamu bisa menanam sayur seperti pakcoi atau kangkung yang mudah perawatannya.

Baca Juga:  Hindari Kesalahan Membuat Taman di Rumah yang Sering Dilakukan

Memberi Pupuk

Langkah berikutnya dalam membuat kebun hidroponik di rumah adalah merawatnya. Perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pupuk cair. Untuk nutrisinya sendiri menggunakan AB Mix. Kamu bisa mendapatkannya di toko khusus pertanian dan perkebunan.

Kamu bisa mencampurnya pada air yang akan disalurkan melalui selang. Untuk takarannya, kamu bisa menyesuaikan dengan jenis tanaman yang dipilih. Saat memilih bibit, biasanya kamu akan mendapatkan informasi seputar aturan nutrisi yang dibutuhan.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker