Pertukangan Kayu

Jenis Gergaji yang Tepat untuk Beragam Aktifitas Kreatifmu

Jenis Gergaji yang Tepat untuk Beragam Aktifitas Kreatifmu. Ada beragam jebis gergaji yang beredar dipasaran, baik jenis power tool (memerlukan tenaga listrik) maupun yang hand tools, berbagai gergaji tersebut mempunyai beragam fungsi yang akan memudahkan proyek kreatifitasmu. Berikut ini adalah berbagai macam gergaji dan fungsinya.

 

Gergaji Tangan ( Hand Saw)

Gergaji tangan adalah pilihan tepat untuk pekerjaan ringan, atau pekerjaan yang berupaya meredam kebisingan suara mesin. Gergaji tangan mempunyai gigi yang tajam fan bisa digunakan untuk memotog atau membelah dengan efektif.

Menggunakan gergaji tangan diperlukan kedisiplinan dan latihan berulang untuk menghasilkan pemotongan yang lurus dan presisi.

 

Table Saw (Gergaji Meja)

Table saw sudah hampir menjadi peralatan wajib bagi para kreator interior dan woodworking.  Table saw merupakan mesin gergaji yang bisa di setting naik turun dengan beragam kemiringan sehingga memudahkan beragam pekerjaan kayu.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Amplas, Grit Amplas, dan Kegunannya dalam Finishing

Table saw mempunyai power yang beragam dan sistem penggerak yang berbeda pula. Dilihat dari ukuran mata gergaji ada yang berukuran 8 inchi, 10 inchi, dan 12 inchi.

Dari sistem penggerak ada yang durect ada juga yang menggunakan fan belt. Sementara dari segi power ada yang berukuran 1 pk hingga 3 pk untuk ukuran workshop. Untuk skala industri bahkan ada yang 15 pk dengan listrik 3 phase.

Table saw bisa memotong dan membelah beragam ukuran kayu dengan akurat, presisi, dan cepat. Diperlukan ketelitian dan peralatan safety yang memadai saat menggunakan table saw.

 

Jigsaw (Gergaji bengkok Tangan)

Jig saw biasa dikenal umum sebagai gergaji bengkok. Karena desainnya memang didesain untuk melakukan pemotongan dengan beragam bentuk yang tidak bisa dilakukan dengan table saw. Gergaji jigsaw efektif untuk memotong papan dengan ketebalan sampai 3 cm.

Baca Juga:  Mengenal Table Saw (Meja Gergaji) dan Kegunaannya

Jigsaw bisa juga digunakan untuk memotong plat besi dengan menggunakan mata gergaji khusus.

 

Miter Saw ( Gergaji Sudut)

Miter saw, berfungsi untuk melakukan pemotongan secara langsung dan cepat. Miter saw juga bisa dipakai untuk melakukan pemotongan dengan berbagai sudut kemiringan dari 15 – 90.

Mitersaw banyak digunakan pada proyek pembuatan pigura, kusen pintu, maupun pekerjaan pemotongan aluminium.

 

Kata Kunci:

Berbagai bentuk purusan kayu,https://www crafter id/category/pertukangan/tukang-kayu/,jenis gergaji woodworking,tehnologi pertukangan listrik,Tekhniik tukang kayu,teknik dasar tukang kayu

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker