Teknologi dan Inovasi

5 Manfaat Utama CCTV di Rumah dan Tempat Kerja

Standar sistem keamanan paling dasar salah satunya yaitu terdapat kamera pengawas atau CCTV yang memantau suatu tempat secara terus menerus. Tak mengherankan jika sekarang sudah banyak tempat publik maupun pribadi yang dipasangi kamera CCTV. CCTV (Closed Circuit Television) sendiri merupakan kamera video digital yang memantau suatu objek untuk kemudian sinyal video akan diteruskan ke monitor agar bisa dilihat penggunanya secara langsung.

Ada beragam pemanfaatan CCTV dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari keperluan bisnis hingga keperluan domestik. CCTV dinilai sebagai perangkat yang paling tepat untuk sebuah sistem keamanan paling minimal dalam sebuah tempat. Adapun manfaat utamanya secara lebih rinci adalah sebagai berikut:

1. Monitoring

Monitoring merupakan kegiatan pemantauan aktivitas secara berkala. Pemasangan CCTV hampir pasti selalu ada di suatu toko atau tempat bisnis lainnya. Biasanya sang pemilik bisnis memasang CCTV tersebut dengan tujuan untuk memantau kinerja pegawainya serta mengamati aktivitas pelanggan. Dengan kemudahan mengawasi toko dari jarak jauh, maka pemilik bisa lebih tenang dan bisa menilai pekerjaan para pegawainya. Fungsi monitoring ini bisa juga untuk mengawasi ranah pribadi di rumah semisal untuk memantau kerja baby sitter di rumah Anda apakah dia bekerja dengan baik saat Anda tak di rumah.

Baca Juga:  Pengelasan Robot Bisa Meningkatkan Produktifitas Perusahaan Kecil

2. Pencegahan Kejahatan

Manfaat yang kedua ini tentu sudah sangat jelas cara kerjanya karena CCTV dikenal sebagai pencegah kriminalitas yang tergolong ampuh. Bahkan banyak tersedia produk dummy CCTV atau CCTV palsu yang fungsinya hanya untuk memberi ilusi pengawasan untuk mencegah tindak kejahatan. Jika di suatu tempat terlihat ada CCTV-nya, pasti pelaku kejahatan atau siapa saja yang berniat melakukan kegiatan ilegal akan pikir panjang dan mengurungkan tindakannya. Hal tersebut dikarenakan CCTV dapat merekam kejahatan tersebut sehingga memudahkan pihak berwajib untuk mengindentifikasi pelakunya.

3. Bukti Sah Kasus Kejahatan

Hasil rekaman CCTV bisa dijadikan bukti yang sah dalam pengusutan kasus kejahatan. Apabila di tempat Anda terjadi suatu kejadian atau kejahatan yang tidak diinginkan, CCTV akan sangat membantu Anda dalam menyediakan bukti atas apa yang terjadi sebenarnya. CCTV dapat menyajikan lokasi, tersangka, dan waktu kejadian scara akurat sehingga setiap kasus kejahatan dapat terselesaikan dengan lebih mudah dan cepat.

4. Arsip Dokumentasi

Pemantauan CCTV yang berlangsung sepanjang waktu sangat berguna untuk pemilik bisnis agar bisa merekap catatan masuk dan keluar para staff sehingga bisa dijadikan sebagai arsip untuk absensi pegawai atau untuk keperluan dokumentasi lainnya. Misalnya jika CCTV dipasang di gudang suatu perusahaan maka bisa untuk mencatat waktu pengiriman dan kedatangan barang secara akurat. Anda juga bisa mengetahui kapan seorang pengunjung atau tamu memasuki gedung.

Baca Juga:  Gangguan Umum pada Kualitas Gambar Kamera CCTV dan Penyebabnya

5. Penyelesaian Sengketa

Baik dalam ranah komersil maupun domestik, biasa terjadi sengketa yang tak terhindarkan. Misalnya perselisihan antar pegawai, pertengkaran keluarga, atau perselisihan antara pelanggan dengan pegawai. Dalam kondisi seperti itu, rekaman kamera pengawas menjadi sesuatu yang sangat penting. Misalnya Anda tidak sedang di lokasi, namun mendapati adanya perselisihan maka Anda bisa mengacu pada CCTV untuk mengetahui kebenaran atas apa yang terjadi. Dengan begitu, hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan konflik tadi.

Masih banyak manfaat lain dari CCTV sehingga memasang CCTV dalam setiap rumah atau tempat bisnis adalah keputusan yang sangat menguntungkan. Tak ada salahnya untuk mulai mempertimbangkan memasang perangkat ini agar Anda maupun orang sekitar memperoleh ketenangan batin dan pikiran.

Baca Juga:  Cara Sederhana Memasang CCTV Sendiri di Rumah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker