Properti

Menghitung Harga Jual Ruko, Begini Cara Kalkulasinya

Cara Menentukan Harga Jual Ruko Agar Cuan Optimal

Menghitung Harga Jual Ruko, Begini Cara Kalkulasinya. Ruko berasal dari penggabungan dua kata, yaitu rumah dan toko. Ruko adalah sebutan untuk bangunan yang memiliki ciri khas bertingkat antara dua hingga lima lantai.

Lantai ruko bagian bawah digunakan sebagai tempat usaha atau kantor sementara lantai atas dimanfaatkan sebagai tempat tinggal. Maka dengan fungsinya ini, pemilik rumah toko bisa mengawasi langsung barang dagangan dan mengurangi biaya transportasi.

Ruko banyak ditemukan di komplek perumahan atau pertokoan dengan desain yang khas dan serupa antara satu ruko dengan ruko lainnya. Umumnya, ruko dibangun berderet, tepat di pinggir jalan lalu membentuk blok, ataupun mengikuti ruas jalan.

Kegunaan rumah toko yang bisa jadi tempat usaha sekaligus tempat tinggal jadi keuntungan paling utama yang bisa didapatkan. Namun Jika Anda berinvestasi dengan membuat ruko dan bingung menentukan harga jualnya berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan.

Baca Juga:  Tentang KPR Bersubsidi dan Cara untuk Mendapatkannya

Detail Spesifikasi

Pertama untuk menghitung harga jual ruko adalah memahami spesifikasi bangunan milikmu. Perbedaan tipe bangunan dan desain tentu akan memengaruhi harga jualnya.

Agar tidak mengira-ngira, tuliskan dengan rinci:

  • luas bangunan,
  • luas tanah,
  • jumlah ruangan,
  • jenis material yang digunakan.

Pastikan juga mengecek kondisi seluruh bagian ruko untuk memastikan tidak adanya kerusakan.

Menghitung Harga Jual Ruko: Lokasi dan NJOP

Sebagai catatan, lokasi paling strategis untuk ruko adalah dekat pusat bisnis, perumahan, pusat kota, jalan besar, dan lainnya. Ruko dengan akses jalan yang susah atau lingkungan tidak kondusif akan berdampak pada harga jualnya yang kurang bagus.

Cara menghitung harga jual ruko berikutnya adalah mengecek Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) bangunan di kawasan tersebut. Besarannya bisa kamu lihat pada lembar tagihan Pajak Bumi dan Bangunan.

Baca Juga:  Cara Mengurus PBG (Persetujuan Bangunan Gedung)

Besaran NJOP ini bisa kamu jadikan patokan minimal untuk menentukan harga jual. Biasanya, orang menjual ruko dengan harga 2-3 kali lipas dari nilai NJOP.

 

Renovasi dan Konsultasi ke Agen Properti

Renovasi ruko mempunyai dampak yang sangat signifikan terhadap harga jual. lakukan renovasi sesuai dengan budget dan anggaran. Namun seoptimal mungkin bisa meningkatkan penampilan ruko.

Misalnya saja mengganti warna cat, memperbaiki atap, dan lainnya. Pasalnya, jika ada banyak kerusakan di sana-sini maka harga ruko akan turun tajam. Lain halnya jika kamu sudah melakukan renovasi kecil terlebih dahulu, harga yang tinggi tentu akan tampak wajar dan setimpal.

Setelah melakukan renovasi, ada baiknya konsultasi juga ke agen properti untuk lebih akurat memperkirakan harga jual ruko.

Agen properti pada akhirnya bisa membantumu untuk memasarkan ruko. Ini tentu menguntungkan karena kamu bisa dibantu dalam proses negosiasi hingga mengurus berkas. Namun ingat, pertimbangkan ongkos jasa agen properti yang biasanya sekitar 2,5 persen dari keuntunganmu, ya.

 

Baca Juga:  Properti 2019 Dinilai Prospek, Wika Realty Genjot Proyek

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker