Properti

Agar Pengajuan Kredit Rumah Disetujui Bank, Ini Tipsnya!

Tips Agar KPR di ACC Bank dengan Mudah 2020

Agar Pengajuan Kredit Rumah Disetujui Bank, Ini Tipsnya!. Rumah telah menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk keluarga. Memiliki rumah pertama menjadi idaman bagi pasangan muda yang masih belum memiliki hunian.

Sayangnya antara unit yang tersedia dengan kebutuhan masih belum seimbang. Bahkan harga unit rumah yang semakin tinggi membuat beberapa orang kesulitan untuk mengakses kebutuhan dasar ini. Salah satu solusi mendapatkan hunian dengan cukup terjangkau karena dapat di angsur adalah dengan pengajuan kredit KPR.

Akan tetapi KPR juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, ini yang membuat beberapa pengajuan KPR tidak disetujui oleh Bank. Jika Anda Ingin mengajukan KPR berikut ini tips yang bisa dilakukan:

 

  • Pertama, pilih bank yang berpengalaman menyalurkan KPR supaya kamu tetap nyaman membayar cicilan. Ini penting mengingat KPR adalah kredit jangka panjang, hingga 30 tahun. Jadi, relasi antara debitur dan bank juga akan lama. Kalau tidak nyaman, KPR yang diambil bisa membuat stres.
  • Kedua, jangan mengacu pada bunga promo saat menghitung besar cicilan, karena bunga promo hanya berlaku selama beberapa tahun pertama. Setelah itu bunga KPR berfluktuasi mengikuti perkembangan bunga pasar. Berkaitan dengan itu, sejak awal hitung cicilan menurut bunga pasar efektif floating, bukan bunga promo. Bunga promo harus dianggap sebagai peluang untuk ngaso sementara setelah terkuras membayar depe dan biaya-biaya KPR.
  • Ketiga, pastikan sekitar 30 persen penghasilan memang bisa disisihkan untuk membayar angsuran menurut bunga pasar itu. Untuk itu, jujurlah menyampaikan data penghasilan kepada bank. Jangan me-mark up penghasilan hanya supaya bisa mendapatkan KPR dengan nilai yang diinginkan. Bila 30 persen penghasilan tidak mencukupi untuk mencicil kredit rumah yang dipilih, tidak usah sungkan mengalihkan pilihan ke rumah yang lebih kecil dan lebih rendah harganya.
  • Keempat, bila kesulitan memenuhi persyaratan uang muka yang diminta bank, cari bank yang mau memberikan persyaratan uang muka yang kecil. Untuk rumah pertama tipe 70 ke bawah, Bank Indonesia (BI) bahkan membolehkan bank menawarkan KPR tanpa uang muka. Tapi, ingat, makin kecil uang muka, kian besar angsuran yang harus dibayar tiap bulan. Bila tidak memungkinkan mendapatkan uang muka ringan, cari rumah yang menawarkan depe bisa diangsur hingga misalnya, 12-18 bulan. Sekarang banyak pengembang ternama yang menawarkannya.
  •  

    Kelima, selain untuk uang muka rumah, siapkan juga dana untuk membayar biaya-biaya KPR termasuk asuransi. Nilainya sekitar 3-5 persen dari nilai kredit yang disetujui bank.

  •  

    Keenam, usahakan memilih KPR yang pembayaran cicilannya bisa fleksibel. Misalnya, selama beberapa tahun pertama debitur bisa membayar cicilan bunga atau pokok utang saja, atau angsuran bisa disesuaikan dengan penghasilan. Jadi, kamu bisa menarik nafas dulu setelah keuangannya terkuras untuk membayar depe dan biaya KPR, dan tetap bisa bisa memenuhi gaya hidupmu meskipun sudah mengambil kredit rumah.

Komentar

comments

Baca Juga:  Simulasi Biaya Bangun Rumah Tahun 2020 & Strategi Budgeting
Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker