News

Starshield Layanan Baru dari SpaceX yang Fokus pada Keamanan Nasional

Apa Itu Starshield, Sistem Keamanan Nasional yang Ditawarkan Oleh SpaceX

SpaceX menambahkan kategori baru layanan satelit internet ke dalam portofolionya. Perusahaan ruang angkasa swasta yang menawarkan broadband berkecepatan tinggi melalui konstelasi satelit Starlink yang sangat besar, baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka meluncurkan proyek mitra yang disebut Starshield untuk melayani lembaga pemerintah.

Fokusnya adalah pada pelanggan di sektor keamanan nasional, dan pengumuman tersebut datang pada tahun yang sama ketika SpaceX telah membantu personel militer dan warga sipil tetap terhubung di Ukraina yang dilanda perang.

Slogannya adalah “mendukung keamanan nasional”, tetapi belum jelas apakah ini benar-benar akan secara langsung mendukung intelijen dan operasi militer, atau membatasi diri pada sektor pengamanan preventif. Data yang bersumber dari satelit, sangat penting bagi militer dan pemerintah. Beberapa negara lain bisa menggunakan layanan ini namun kemungkinan pemerinta AS akan memberi batasan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dijual oleh spaceX.

Baca Juga:  Matinya Drone Elang Hitam

Layanan Starshield berfokus pada keamanan nasional

SpaceX menulis di halaman web Starshield baru bahwa “Starshield memanfaatkan teknologi Starlink SpaceX dan meluncurkan kemampuan untuk mendukung upaya keamanan nasional.”

“Sementara Starlink dirancang untuk penggunaan konsumen dan komersial, Starshield dirancang untuk penggunaan pemerintah, dengan fokus awal pada tiga area” — ketiga area tersebut adalah observasi Bumi, komunikasi, dan muatan yang dihosting.

Satelit Starshield juga dapat menggunakan terminal komunikasi laser antar satelit yang sama yang ditampilkan pada satelit Starlink. SpaceX menyebut ini sebagai “satu-satunya laser komunikasi yang beroperasi pada skala di orbit hari ini.”

Selain itu, SpaceX menambahkan bahwa Starshield akan memberikan keamanan yang lebih tinggi daripada penawaran regulernya dan akan menampilkan “kemampuan kriptografi jaminan tinggi tambahan untuk menghosting muatan rahasia dan memproses data dengan aman, memenuhi persyaratan pemerintah yang paling menuntut.”

Baca Juga:  Indonesia Temukan Tambang Emas Superbesar 2 Miliar Ton Emas

Halaman Starshield baru SpaceX memberikan sedikit spesifikasi tentang satelit atau layanan Starshield-nya, yang diharapkan untuk layanan keamanan nasional.

SpaceX saat ini memiliki lebih dari 3.200 satelit Starlink aktif di orbit, dan bertujuan untuk mengembangkan mega konstelasinya dalam beberapa bulan dan tahun mendatang untuk menghadirkan layanannya ke lebih banyak bagian dunia sambil mempertahankan layanan berkualitas tinggi.

Perusahaan luar angkasa swasta tersebut memiliki izin dari Komisi Komunikasi Federal (FCC) AS untuk menyebarkan 12.000 satelit Starlink generasi pertama, dan telah mengajukan permohonan persetujuan untuk meluncurkan sekitar 30.000 satelit Starlink 2.0.

SpaceX berencana untuk meluncurkan sebagian besar satelit Starlink 2.0 menggunakan roket Starship yang sedang dikembangkan dan dapat digunakan kembali sepenuhnya, yang akan menampilkan sistem seperti dispenser Pez untuk menyebarkan satelit di orbit – seperti yang terlihat dalam presentasi bulan Juni yang dibagikan oleh CEO SpaceX Elon Musk di Twitter di bawah ini.

Baca Juga:  China Merekrut Ratusan Ilmuwan Nuklir & Misil dari Amerika (Download)

Satelit Starlink 2.0 generasi berikutnya akan lebih besar dan lebih kuat daripada satelit generasi saat ini, dan mereka akan dapat memancarkan layanan langsung ke ponsel pengguna.

SpaceX mengerahkan layanan internet Starlink di Ukraina tak lama setelah invasi Rusia pada akhir Februari tahun ini. Beberapa laporan menyarankan layanan itu menjaga hingga 150.000 warga Ukraina terhubung setiap hari, termasuk personel militer, setelah Rusia menargetkan infrastruktur komunikasi negara itu.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami