Pengelasan & Welding

Baja A2, Baja yang Tangguh untuk Pisau dengan Ketahanan Moderat

Mengenal Baja A2, Komposisi Kimia dan kelebihannya

Baja A2 adalah baja perkakas paduan menengah pengerasan udara (oleh karena itu disebut “A”) yang diproduksi oleh Crucible Industries. Baja populer di industri pisau karena ketangguhannya yang tinggi dan ketahanan aus yang moderat. Baja A2 nama lain termasuk Airkoo dan AISI A2.

A2 telah digunakan untuk membuat pisau cukup lama, sejak tahun 1960-an. Ini digunakan untuk membuat pisau tempur khusus oleh pembuat pisau terkenal seperti Rob Criswell, Phill Hartsfield, Mike Snody, John Fitzen. Aaron Gough dari kebiasaan Gough, Kanada bahkan menstandarisasi pisau survival/campingnya dengan baja A2.

Anda akan menemukan baja Amerika ini di banyak pisau hari ini, seperti yang diproduksi oleh Bark River Custom Knives. Black Wolf Knives menggunakan baja A2 sebagai baja perkakas standar untuk lini pisau berburu mereka.

Baja juga telah menikmati aplikasi pekerjaan dingin jangka panjang yang membutuhkan ketahanan abrasi yang cukup tinggi sebagai pengganti sempurna untuk baja karbon-kromium tinggi yang akan mudah pecah dan retak.

Baja ini juga mudah dikerjakan dalam kondisi anil, menjadikannya baja pisau yang bagus untuk pembuat pisau.

Penggunaan Baja A2

Aplikasi kunci baja perkakas A2 termasuk die trimming, thread rolling/injection-molding die, dan blanking/forming punch, chuck jaw, hammer, tool pemotong kayu, dan pin dowel. Dan di industri pisau, tingkat ketangguhan baja yang tinggi ditambah ketahanan aus yang moderat membuatnya ideal untuk membuat pisau berburu, hiking, bertahan hidup, berkemah, dan tempur.

 

Apakah baja A2 tahan karat?

A2 TIDAK tahan karat. Kandungan kromium menentukan apakah baja yang diberikan tahan karat. Seperti yang akan Anda temukan di tabel komposisi kimia baja A2 dalam panduan ini, baja ini hanya mengandung 5,5% kromium. Ini adalah volume yang cukup rendah, jauh lebih rendah dari volume minimum 12% yang dibutuhkan untuk membuat baja tahan karat ini.

Baca Juga:  Baja Damaskus, Sejarah dan Proses Pembuatan Baja Damaskus

Komposisi kimia baja A2

Komposisi baja A2 terdiri dari kandungan karbon dan kromium yang tinggi, menghasilkan peningkatan ketangguhan dan ketahanan terhadap korosi.

Tabel berikut menguraikan komposisi baja A2 lengkap:

ElementPercentage composition (%)
Carbon (C)1.05
Chromium (Cr)5.50
Molybdenum (Mo)1.40
Vanadium (V)0.25
Nickel (Ni)0.30
Manganese (Mn)1.00
Silicon (Si)0.50
Copper (Cu)0.25
Phosphorous (P)0.030
Sulfur (S)0.030
  • Kandungan karbon baja A2 1,05% berarti ini adalah baja karbon tinggi. Ini meningkatkan kekuatan tarik baja dan meningkatkan kekerasan dan ketahanan ausnya.
  • 5,50% Kromium meningkatkan ketahanan korosi. Ini juga meningkatkan kekuatan, kekuatan tarik, dan ketangguhan.
  • 1.40% Molibdenum meningkatkan kekerasan dan ketangguhan
  • 0,25% Vanadium meningkatkan kekuatan baja, ketangguhan, dan ketahanan aus.
  • 0,30% Nikel menambah ketangguhan baja sekaligus mengurangi kekerasan.
  • 1,00% Mangan meningkatkan kekuatan tarik, kekuatan tarik, dan ketahanan aus.
  • 0,50% Silikon meningkatkan kekuatan dan ketahanan korosi.
  • 0,25% Tembaga meningkatkan ketahanan terhadap korosi dengan mencegah oksidasi permukaan.
  • 0,030% Fosfor meningkatkan kekuatan baja, kekerasan, dan kemampuan mesin.
  • 0,030% Sulfur meningkatkan kemampuan mesin baja. Tetapi harus ditambahkan dalam jumlah kecil, jika tidak maka akan mempengaruhi kekuatan baja.

Seberapa keras Logam A2?

Kekerasan Rockwell Logam A2 berjalan dari 57-62 HRC, tergantung pada proses perlakuan panas yang digunakan. Kandungan kromium yang tinggi ditambah elemen mangan dan molibdenum dalam komposisi kimianya memungkinkan baja mencapai kekerasan ini.

Baca Juga:  Distorsi Sambungan Las Akibat Panas Saat Proses Pengelasan

 

Sifat Logam A2

Di bagian ini, kita akan membahas sifat utama baja A2 dan manfaat utamanya, karena sekarang kita sudah mengetahui sifat kimia dan kekerasan Rockwell.

1. Ketangguhan Logam A2

Logam A2 menawarkan ketangguhan yang luar biasa! Baja ini bahkan lebih keras dari baja kelas seperti D2. Pisau dengan A2 hampir tidak pecah, retak atau pecah, dengan penggunaan tugas berat berulang. Berkat ketangguhan tinggi ini, A2 tetap menjadi pilihan utama untuk baja mati selama bertahun-tahun. Anda juga akan menemukan Logam A2 digunakan untuk membuat pisau yang ditujukan untuk penggunaan berat, seperti pisau tempur, berburu, bertahan hidup, dan kerajinan semak.

2. Ketahanan Aus Logam A2

Logam A2 menawarkan tingkat ketangguhan yang tinggi dengan mengorbankan ketahanan aus. Belum lagi memiliki ketahanan aus yang buruk…baja memiliki kekerasan tinggi dan masih menawarkan ketahanan aus dan abrasi yang layak dan merupakan pilihan yang lebih baik daripada beberapa baja dengan sifat anti-aus yang buruk.

3. Ketahanan korosi

Baja ini menawarkan sedikit ketahanan terhadap korosi karena jumlah kromium yang rendah dalam kimianya. Namun, kinerja anti-korosinya lebih baik daripada yang Anda dapatkan di sebagian besar baja karbon. Tapi jangan berharap baja mencapai tingkat ketahanan karat dari baja tahan karat.

Artinya, pisau A2 Anda perlu dirawat. Setelah setiap kali digunakan, pastikan Anda membersihkan pisau dan mengelapnya hingga kering untuk menghilangkan kelembapan yang dapat menyebabkan karat. Selain itu, Anda mungkin mempertimbangkan untuk meminyaki pisau Anda selama penyimpanan untuk membentuk lapisan pelindung terhadap karat.

Baca Juga:  Quenching Logam, Metode Pendinginan pada Proses Penempaan Logam

4. Retensi tepi

Baja karbon ini juga unggul dalam menahan ujung tajamnya untuk waktu yang lama dan mengalahkan baja perkakas populer lainnya seperti O1. Ini karena baja memiliki lebih banyak kromium karbida dibandingkan dengan baja yang lebih lunak seperti o1. Kemampuan edge-keepingnya hanya mendekati baja seperti 440C. Tapi tidak ada pada baja super seperti Maxamet, S90V, dan baja S110V. Anda dapat menggunakan a2 Anda untuk waktu yang lama tanpa mempertajam kembali tepinya.

5. Mudah Diasah

Sekarang setelah memiliki kemampuan menahan tepi yang hebat, apakah Logam A2 sulit diasah? Meskipun baja menawarkan kinerja retensi tepi yang sangat baik, baja perkakas A2 sangat mudah diasah.

Alasan mengapa baja ini mendapat skor tinggi dalam kemudahan diasah adalah karena fitur karbida kromium rendah daripada baja ketahanan aus yang tinggi.

Baja yang Setara A2

Kabar baik: Ada beberapa grade setara Logam A2 yang tersedia, menampilkan komposisi kimia yang sama dan kinerja yang sangat mirip dengan perkakas A2. Salah satu kelas tersebut adalah Aichi DKD12, versi Jepang dari AISI D2.

Setara baja A2 terkenal lainnya adalah GB Cr5Mo1V Cina. Sama seperti A2, ini juga merupakan baja perkakas pengerasan udara yang menawarkan ketangguhan tinggi dan ketahanan aus yang wajar.

Baja setara Logam A2 lainnya termasuk Eropa 1.2363/X100CrMoV5, SKD12 Jepang, dan ISO (internasional) X100CrMoV5.

 

Sumber: https://www.cherokeeobserver.org

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker