Farm & Garden

Daftar Jenis Tanaman untuk Vertical Garden yang Cocok

Jika mencari tanaman untuk vertical garden, ini daftarnya!

Dalam membuat vertical garden, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah pemilihan tanaman untuk vertical garden. Jangan sampai kamu salah memilih tanaman yang malah membuat vertical garden menjadi gagal tumbuh. Apa saja jenis tanaman yang cocok? Ini dia daftarnya.

1.Tanaman untuk Vertical Garden, Lily Paris

Lily paris termasuk yang sangat cocok untuk taman vertikal karena bentuknya yang cenderung memanjang dengan daun kecil. Selain itu, kamu bisa memakai tanaman ini untuk di luar ruangan. Sifatnya tahan terhadap sinar matahari. Bentuknya yang kecil memanjang juga tampak indah dengan perpaduan warna hijau muda dan putih. Lily Paris juga bisa menyaring udara yang masuk.

2.Tanaman untuk Vertical Garden, Lipstick Plant

Bunga lipstick ini sangat sering dijadikan jenis tanaman gantung. Tanaman satu ini sangat cocok untuk dipakai di luar maupun dalam ruangan. Karakteristiknya sendiri tidak butuh tanah yang dalam. Maka dari itu, sangat cocok bila diletakkan di dinding.

Baca Juga:  Mengenal Green Wall Solusi Eksterior Bangunan Ramah Lingkungan

3. Tanaman untuk Vertical Garden, Sirih Gading

Tanaman satu ini sebenarnya biasanya cocok ditaruh di meja dan biasanya ada di dalam ruangan. Namun, bisa juga dijadikan tanaman untuk taman vertikal. Tanaman dengan nama lain Devil’s Ivy ini merupakan tanaman merampat yang mudah menjalar pada dinding.

Tak disangka perawatan tanaman ini termasuk mudah. Kamu cukup menyiramnya satu minggu sekali. Lakukan penyiraman ketika permukaan tanah sudah kering. Tanaman ini juga mudah didapat. Uniknya lagi tanaman ini juga bisa tumbuh hingga 6 meter. Akarnya akan menggantung dan melilit pada batang pohon.

4. Kuping Gajah

Salah satu ciri yang dimiliki tanaman ini adalah daun dengan bentuk hati dengan guratan garis atau urat daun yang berwarna putih. Tentu bentuknya seperti snack kuping gajah. Terdapat dua jenis tanaman ini.  Pertama adalah yang punya helai daun yang besar dan ada juga yang memiliki helai daun yang lebih kecil.

Baca Juga:  Elemen Dasar Aquascape dan Pertimbangan Membuat Aquascape

5. Tanduk Rusa

Tanaman untuk vertical garden berikutnya merupakan tanaman eksotis yang merupakan jenis paku-pauan. Permukaan daunnya tampak seperti tandung rusa namun terbalik. Tanduk rusa bisa dikembangbiakkan dengan spora. Cara tanamnya cukup menempel pada pohon yang menjadi inang. Tanaman ini juga cocok diaplikasikan pada tempat teduh dengan media tanam yang memiliki sistem taman vertical.

6. Hosta

Tanaman ini juga termasuk laris dijadikan tanaman untuk kebun vertikal. Tanaman dengan nama lain funkia ini memiliki daun yang indah. Apalagi sangat cocok untuk taman vertikal yang tidak banyak mendapatkan sinar matahari. Hosta merupakan tanaman yang perennial.

7. Air Mata Pengantin

Indonesia mengenal tanaman yang bernama coral vine ini sebagai air mata pengantin. Tanaman ini biasa ada di bagian pagar atau dinding. Ada hal yang menarik dari tanaman ini. Salah satunya adalah bunganya yang berwarna merah muda dan punya banyak nektar.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Taman Kecil di Depan Rumah

8. Curtain Creeper

Jika bicara soal tanaman untuk vertical garden, tentunya kita harus memasukkan Curtain Creeper. Tanaman ini cukup menjadi tren di kalangan para pecinta tanaman hias. Penerapannya yang hemat ruang membuat banyak dipakai.

Tanaman rambat ini bisa tumbuh sepanjang tahun dan sangat cocok ditaruh pada area outdoor. Perawatannya juga cukup mudah karena hanya memastian sinar matahari yang cukup. Apalagi bunganya berwarna putih dengan kombinasi pink. Hal ini membuat tanaman satu ini semakin disukai oleh para pecinta tanaman hias.

Kata Kunci:

tanaman hias vertical garden language:id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami