News

Adu Kuat di Pasifik, Amerika Cepat-cepat Bayar Google Bangun Kabel Bawah Laut di Indonesia

Apa Itu Kabel Bawah Laut? Bagaimana Cara Kerjanya?

Adu dominasi di Pasifik semakin menarik, Amerika Cepat-cepat Bayar Google Bangun Kabel Bawah Laut di Indonesia. Alphabet, induk usaha Google, mengumumkan rencana membangun kabel laut jaringan internet melewati negara-negara “mungil” di Samudra Pasifik, termasuk tetangga RI, Timor Leste dan Papua Nugini.

Rencana pembangunan kabel laut dari Amerika Serikat menyeberangi Samudra Pasifik menuju Australia, menurut pejabat pemerintah AS yang dikutip Reuters, akan diumumkan di AS pada Rabu (25/10/2023) waktu setempat.

Kesepakatan pembangunan jaringan kabel laut akan memperluas proyek kabel laut komersial Google ke wilayah yang mencakup negara seperti Mikronesia, Kiribati, Kepulauan Marshall, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Timor Leste, Tuvalu, dan Vanuatu.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese berencana menyambangi Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden. Pemerintah dari kedua negara akan memberikan kontribusi finansial untuk proyek kabel laut Google.

Pemerintah Australia akan memberikan kontribusi US$ 50 juta, sedangkan AS akan menyumbangkan US$ 15 juta.

Negara-negara di tengah Samudra Pasifik telah menjadi fokus baru bagi China dan Amerika Serikat. Kedua negara yang sedang berebut pengaruh tersebut berlomba mendekati pemerintah negara Pasifik untuk menjalin kemitraan militer dan pembangunan infrastruktur.

Presiden Joe Biden juga mendorong agar Amerika Serikat tetap dominan di bidan layanan telekomunikasi. Penguasaan industri telekomunikasi dinilai sebagai salah satu kunci isu keamanan nasional karena terkait pengendalian arus informasi dari dan ke seluruh dunia.

Google saat ini sedang membangun kabel fiber optik yang melewati Taiwan untuk menghubungkan Filipina dan Amerika Serikat.

Sebagai bagian dari proyek infrastruktur telekomunikasi negara-negara kepulauan Pasifik, AS juga akan bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk membangun ketahanan keamanan siber termasuk membantu pencadangan data ke jaringan cloud global.

Baca Juga:  JENIS DAN KARAKTERISTIK KONSTRUKSI KABEL BAWAH LAUT

 

Menguak Jaringan Komunikasi Global yang Menghubungkan Dunia”

Kabel Internet bawah laut adalah infrastruktur kunci yang memungkinkan komunikasi dan konektivitas internet global. Meskipun sering tersembunyi di bawah permukaan laut, kabel-kabel ini memainkan peran utama dalam menghubungkan kita dengan dunia maya.

Kabel internet bawah laut, atau disebut juga sebagai submarine cable atau submarine communications cable, adalah infrastruktur fisik yang menghubungkan berbagai lokasi di seluruh dunia dengan tujuan mengirimkan data dan sinyal komunikasi melalui koneksi internet.

Ini adalah sistem jaringan global yang memungkinkan transmisi data dalam jumlah besar antar benua dan negara. Kabel-kabel ini terdiri dari serat optik yang terbungkus dalam pelindung khusus dan ditanamkan di dasar laut.

Bagaimana Kabel Internet Bawah Laut Bekerja?

Kabel internet bawah laut adalah teknologi yang sangat kompleks, tetapi pada dasarnya, mereka bekerja dengan cara mengirimkan sinyal cahaya melalui serat optik yang berada di dalamnya. Inilah bagaimana prosesnya berlangsung:

  • Pengirim Data: Data yang akan dikirim melalui kabel internet bawah laut pertama-tama diubah menjadi sinyal cahaya oleh perangkat pengirim khusus.
  • Transmisi Cahaya: Sinyal cahaya ini kemudian dikirim melalui serat optik di dalam kabel. Serat optik dirancang untuk memantulkan cahaya dari dinding dalam serat, sehingga sinyal dapat melintasi kabel dengan sedikit kerugian sinyal.
  • Stasiun Pemancar dan Penerima: Di kedua ujung kabel, terdapat stasiun pemancar dan penerima yang menerima sinyal cahaya, mengubahnya kembali menjadi data digital, dan mengirimkannya ke jaringan lokal.
  • Relay dan Pusat Data: Data yang tiba di ujung kabel biasanya melewati relay dan pusat data yang mengarahkannya ke tujuan akhirnya, seperti server web atau komputer pengguna akhir.
Baca Juga:  Korea Selatan Akan Menjadi Negara Produsen Baterai Solid State Pertama

 

Seberapa Penting Kabel Internet Bawah Laut

Kabel internet bawah laut adalah tulang punggung internet global. Mereka memiliki beberapa peran penting dalam menjaga konektivitas dan kemajuan teknologi di seluruh dunia.

  • Konektivitas Internasional: Kabel-kabel ini memungkinkan pertukaran data lintas batas antar negara dan benua. Mereka menjembatani kesenjangan geografis dan menjadikan internet sebagai sarana komunikasi global yang tak terpisahkan.
  • Ketersediaan dan Kapasitas Tinggi: Kabel-kabel ini memiliki kapasitas besar untuk mengirim data dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi. Ini memungkinkan pengiriman video, audio, dan data lainnya dalam waktu nyata dengan kualitas tinggi.
  • Ketahanan dan Redundansi: Dengan sejumlah kabel yang menghubungkan lokasi yang sama, ada redundansi yang memungkinkan jaringan tetap beroperasi meskipun terjadi kerusakan pada salah satu kabel. Hal ini meningkatkan ketahanan internet global.
  • Kemajuan Ekonomi: Kabel-kabel ini memainkan peran penting dalam perdagangan internasional, investasi, dan pertumbuhan ekonomi. Mereka memungkinkan bisnis untuk beroperasi secara global dan mengakses pasar yang lebih luas.
  • Kemajuan Teknologi dan Inovasi: Dengan koneksi internet yang handal dan cepat, penelitian ilmiah, inovasi teknologi, dan kolaborasi global menjadi lebih mudah. Hal ini telah membantu mendorong perkembangan teknologi di berbagai bidang.

 

Fakta Menarik Tentang Kabel Internet Bawah Laut

  • Layanan Global yang Tidak Terlihat: Meskipun kabel internet bawah laut ini kritis, mereka seringkali tidak terlihat oleh masyarakat umum. Mereka tersembunyi di bawah permukaan laut, menjadikannya salah satu infrastruktur teknologi yang paling tidak terlihat.
  • Panjang yang Menakjubkan: Beberapa kabel ini sangat panjang, membentang ribuan kilometer di dasar laut. Kabel Asia-Amerika Utara, misalnya, memiliki panjang lebih dari 19.000 kilometer.
  • Pekerjaan Perawatan Rutin: Kabel-kabel ini memerlukan perawatan rutin. Kapal khusus dengan peralatan khusus harus mengambil tindakan perbaikan jika ada kerusakan pada kabel.
  • Kabel Tertua di Dunia: Salah satu kabel tertua yang masih beroperasi adalah Kabel Transatlantik yang pertama kali ditempatkan pada tahun 1858 untuk menghubungkan Amerika Serikat dan Inggris.
  • Kecepatan Cepat: Data dapat mengelilingi dunia dalam hitungan milidetik melalui kabel internet bawah laut, memungkinkan komunikasi waktu nyata di seluruh dunia.
  • Kabel Sebagai Target Potensial: Kabel-kabel ini menjadi target potensial bagi kegiatan kriminal, seperti pencurian kabel, serta kegiatan mata-mata dan sabotase.
  • Berjalan di Dasar Laut yang Ekstrem: Kabel-kabel ini melewati dasar laut yang ekstrem, termasuk tekanan besar, suhu ekstrem, dan ancaman potensial dari gempa bumi dan aktivitas geologi lainnya.
Baca Juga:  Berbagai Tipe Mobil ESEMKA Harga Terjangkau

 

Masa Depan Kabel Internet Bawah Laut

Masa depan kabel internet bawah laut adalah cerah dan menarik. Beberapa perkembangan yang mungkin kita saksikan di masa mendatang meliputi:

  • Peningkatan Kapasitas: Teknologi serat optik terus berkembang, dan kabel-kabel baru dirancang dengan kapasitas yang lebih besar. Hal ini akan memungkinkan transmisi data yang lebih cepat dan lebih banyak.
  • Pengembangan Rute Baru: Proyek-proyek baru sedang dipertimbangkan untuk menghubungkan wilayah yang belum tersentuh sebelumnya dengan internet. Ini akan memperluas konektivitas global.
  • Keamanan yang Ditingkatkan: Karena kabel-kabel ini menjadi target potensial bagi ancaman keamanan, ada upaya untuk meningkatkan sistem keamanan mereka, termasuk pemantauan yang lebih canggih.
  • Konektivitas Antarplanet: Dalam beberapa dekade mendatang, mungkin kita akan melihat pengembangan kabel internet bawah laut yang menghubungkan planet-planet dalam tata surya.
  • Pengembangan Teknologi Terkait: Perkembangan dalam teknologi yang terkait dengan kabel internet bawah laut, seperti pemeliharaan dan perbaikan, juga akan terus berkembang.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami