Pengetahuan kayu

Kayu Ulin, Kegunaan Kayu Ulin dan Harga Kayu Ulin

Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri T. et B.) yang dikenal juga dengan nama kayu besi borneo, belian (Kalimantan), bulian ataupun onglen (Sumatera), merupakan salah satu pohon penyusun hutan tropika basah yang tersebar di Sumatera Bagian Selatan, Kep ulauan Bangka Belitung dan hampir seluruh wilayah Kalimantan.

Ulin umumnya tumbuh pada ketinggian 5 – 400 m di atas permukaan laut dengan medan datar sampai miring, tumbuh terpencar atau mengelompok dalam hutan campuran namun sangat jarang dijumpai di habitat rawa-rawa Kayu Ulin juga tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban, dan pengaruh air laut sehingga sifat kayunya sangat berat dan keras. agak terpisah dari pepohonan lain dan dikelilingi jalur jalan melingkar dari kayu ulin.

Kayu ini mempunyai serat lurus dan termasuk kayu kelas I dalam hal kekuatan dan keawetannya. Pohon Ulin pada umumnya memiliki diameter batang sampai 100 cm bahkan kadang-kadang bisa mencapai 150 cm, sedangkan tinggi pohon sampai 35 m.

Baca Juga:  Kadar Air Kayu dan Penyusutan Kayu, Pentingnya Kayu Kering untuk Mebel

Batang pohon Ulin biasanya tumbuh lurus dan berbanir sampai tinggi 4 m. Kulit luar berwarna coklat kemerahan sampai coklat tua, memiliki tebal 2-9 cm. Kayu teras berwarna coklat kehitaman sedangkan kayu gubal berwarna coklat kekuningan dengan tebal 1-5 cm, permukaan kayu licin dan mengkilap.

Keawetan alami Ulin adalah kelas awet I. Hal ini berarti Ulin dapat digunakan lebih dari delapan belas tahun pada penggunaan tanpa naungan (eksterior) yang dipengaruhi oleh cuaca (panas dan hujan).

Kayu jenis Ulin merupakan jenis kayu yang tidak mudah lapuk baik di dalam air maupun di daratan. Karena itu, kayu ini diburu untuk bahan bangunan, decking, dan flooring.

Baca Juga:  Kayu Kering Oven, Alasan Kenapa Harus Beli Kayu Kering Oven

 

Kegunaan Kayu Ulin

Ulin tahan terhadap serangan rayap dan serangga penggerek, karena mempunyai zat ekstraktif eusiderin turunan dari phenolic yang beracun. Ulin memiliki kelas awet dan kelas kuat I. Oleh karena itu, jenis ini banyak digunakan untuk konstruksi berat, konstruksi di laut, jembatan, bantalan rel kereta api, perkapalan, sirap, dan perabot di luar rumah.

 

Harga Kayu Ulin 2018

Saat ini Ulin termasuk kayu yang berada dalam daftar pengawasan karena jumlahnya yang sangat terbatas. Namun dipasaran kayu ulin masih mudah ditemukan melalui sistem order mengingat mahalnya kayu jenis ulin. Berikut ini adalah harga ulin sawn timber dan olahan.

  • Harga Kayu Ulin  Balok 10×20, 20×20, 10×15 panjang 4 meter Rp. 13.000.000/m3 FOB Gresik dan Surabaya.
  • Harga Kayu Ulin papan Sawn timber 2×10-25 panjang 4 meter Rp. 15.000.000/m3 FOB Gresik dan Surabaya.
  • Harga Decking Ulin 1,9x9x180-400 cm Rp. 20.000.000/m3

Kata Kunci:

harga kayu ulin 2017,taras kayu besi ulin,kelebihan kayu ulin,kayu ulin oven,kayu ulin harga,kayu ulin,jual kayu ulin surabaya,harga kayu ulin kota samarinda 2018,harga kayu ulin 57 ukur dan 46 ukur,harga balok ulin 5/10

Baca Juga:  Klasifikasi Mutu Kayu, kekuatan Kayu, dan Keawetan Kayu

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker