Kendaraan Listrik

Panduan Aman Mengendarai Hoverboard untuk Pemula

Ketika akhirnya Anda telah membeli hoverboard untuk diri sendiri atau sebagai hadiah untuk orang lain, hal yang mungkin terlintas di pikiran Anda adalah bagaimana cara mengendarainya dan butuh waktu berapa lama agar mahir?

Sebenarnya waktu yang diperlukan sampai benar-benar mampu mengendalikan hoverboard sangat relatif, tergantung jenis hoverboard dan kepercayaan diri masing-masing. Ada orang yang sekali dua kali menapakkan kaki ke hoverboard dan langsung melesat pergi dengan nyaman. Ada pula yang butuh waktu lebih lama karena masih beradaptasi dengan pergerakan asing. Tapi, tak perlu khawatir berlebihan, rata-rata pengguna pemula dapat menguasai dasar-dasar pengendalian hoverboard dalam waktu 5 menit.

Setiap orang dengan berat badan minimal 18 kg dan maksimal 100 kg sudah memenuhi syarat untuk naik ke atas hoverboard. Pastikan untuk selalu memakai helm ketika berlatih dan mengendarai perangkat ini demi keamanan. Pilih area yang luas dan bebas dari anak-anak atau benda pecah belah. Lalu lakukan langkah-langkah berikut ini untuk belajar mengendarainya,

Baca Juga:  5 Aplikasi Hoverboard Bluetooth: Kontrol Otomatis Hoverboard via Ponsel

1. Kalibrasi Hoverboard

Rata-rata setiap perangkat hoverboard telah dikalibrasi ketika dikirim, namun Anda perlu memastikannya dengan melakukan kalibrasi ulang. Berikut ini adalah tata caranya:

  • Matikan hoverboard
  • Sesuaikan papan agar sejajar dengan tanah
  • Nyalakan lagi hoverboard dan tahan tombol power sampai terdengar suara “bip” dan nampak kedipan lampu selama kurang lebih 15-20 detik
  • Matikan kembali hoverboard

Hoverboard akan otomatis menyeimbangkan diri dalam posisi kalibrasi ketika Anda menyalakan perangkat kembali.

2. Injak Papan Hoverboard

Pastikan baterai hoverboard sudah terisi penuh sehingga siap dikendarai. Nyalakan hoverboard kemudian tapakkan salah satu kaki ke papan lalu naikkan kaki satunya. Pada latihan awal, Anda boleh berpegangan dengan sesuatu agar tidak jatuh saat menaiki hoverboard, namun jangan terlalu bertumpu pada pegangan tersebut. Agar posisi awal stabil, posisikan kedua kaki dekat dengan tepian papan dengan lutut sedikit menekuk.

Baca Juga:  Ford Merencanakan Produksi Sendiri Baterai Mobil Listrik

3. Bergerak Maju-Mundur

Saat ini Anda sudah berada di atas hoverboard. Pertama-tama, coba gerakkan hoverboard ke arah depan. Untuk memajukan hoverboard, Anda tinggal mencondongkan badan sedikit ke depan, semakin cepat gerakan badan Anda makan semakin cepat pula hoverboard bergerak maju. Ulangi gerakan ini beberapa menit.

Selanjutnya, mulai belajar cara memundurkan hoverboard. Metodenya sama namun arahkan badan condong sedikit ke belakang. Ulangi beberapa kali agar terbiasa. Setelahh itu padukan gerakan maju-mundur, untuk berhenti atau mengerem Anda tinggal memposisikan badan tegak di tengah.

4. Gerakan Berbelok dan Memutar

Membelokkan hoverboard ke kanan atau ke kiri caranya hampir mirip dengan gerakan maju-mundur. Untuk berbelok ke kanan, Anda bisa mendorong kaki kanan ke belakang dan/atau mendorong kaki kiri ke depan. Untuk berbelok ke kiri, lakukan sebaliknya, dorong kaki kiri ke belakang dan/atau dorong kaki kanan ke depan.

Ketika mendengarnya mungkin terkesan rumit dan sulit, namun jika sudah terbiasa, Anda bisa berbelok ke mana saja dengan reflek karena sudah hafal di luar kepala. Untuk percobaan awal, sebaiknya mulai dengan belokan perlahan. Ketika sudah mulai menguasai dasarnya, boleh percepat tikungan agar semakin mahir. Jika sudah mampu mengendalikan gerakan berbelok, padukan dengan gerakan maju atau mundur untuk memperoleh gerakan memutar.

5. Turun dari Hoverboard

Terakhir adalah cara turun dari hoverboard. Setelah memberhentikan hoverboard dengan badan tegak di tengah, selanjutnya Anda harus melangkah mundur.  Jangan sesekali menurunkan kaki ke depan hoverboard karena bisa saja hoverboard membacanya sebagai perintah untuk maju dengan cepat. Hal ini bisa beresiko kecelakaan. Oleh sebab itu, agar turun dengan selamat, turunkan kaki satu per satu ke arah belakang.

Baca Juga:  Baterai Lithium Metal Solid State Mulai Dikenalkan Oleh Samsung

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker