Baterai

Charging Baterai Litium, Metode Pengecasan Baterai yang Tepat

Metode Pengisian Baterai Trickle Charging, Fast Charging, & Ultra fast

Charging Baterai Litium, Metode Pengecasan Baterai yang Tepat. Baterai isi ulang ada di mana-mana. Dari laptop yang kita ketik hingga peralatan medis portabel yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan atau memberikan informasi catatan kesehatan, baterai isi ulang membantu menyediakan produk dan layanan untuk membuat hidup kita lebih baik.

Namun, tidak banyak orang yang tahu tentang apa yang masuk ke dalam pengisian baterai dengan cara yang benar, pengisi daya yang tepat untuk bahan kimia baterai tertentu, dan di mana sistem manajemen baterai (BMS) cocok dengan proses tersebut.

Dengan mencocokkan charging baterai yang tepat dengan bahan kimia baterai, Anda dapat memastikan bahwa baterai akan diisi dengan cara yang efisien dan aman tanpa pengisian berlebihan, panas berlebih, atau menyebabkan kerusakan permanen. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang pengisian daya baterai.

Metode Charging Baterai

Tidak setiap baterai memiliki kecepatan pengisian atau waktu pengisian yang sama. Jadi, mereka memerlukan metode pengisian daya yang berbeda untuk memastikan baterai tidak kekurangan daya atau daya berlebih atau ada pengurangan jumlah siklus pengisian daya. Ada berbagai metode pengisian daya yang dapat diterapkan pada bahan kimia baterai tertentu.

  • Trickle Charge (menetes)

Trickle charge adalah tempat pengisi daya memberikan tegangan yang sangat rendah yang biasanya sama dengan laju pengosongan sendiri baterai (self discharge). Biasanya disetel pada tingkat 0,05C dan bisa naik hingga 0,01C. Pengisi daya yang rumit digunakan untuk mencegah pengisian berlebih saat baterai ditempatkan ke penyimpanan. Terkadang, tetesan daya dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas. Selain itu, pengisian daya konstan yang lambat dapat menyebabkan masalah efek memori untuk bahan kimia baterai tertentu. Pengisi daya tetesan memerlukan waktu 14 jam atau lebih untuk mengisi daya baterai hingga penuh.

  • Pengisian Cepat dan Cepat
Baca Juga:  Memperpanjang Umur Baterai Melalui Perawatan yang Benar

Pengisian cepat dan pengisian cepat menawarkan voltase yang lebih tinggi dalam waktu yang lebih singkat dengan laju yang konstan. Pengisi daya cepat memiliki laju 0,3C hingga 0,5C; pengisi daya cepat memiliki tingkat 1C. Panas berlebih dapat terjadi pada beberapa bahan kimia baterai, yang dapat mengakibatkan kerusakan, sehingga baterai harus mengalami periode pendinginan sebelum pengisian diterapkan kembali. Baterai lain merespons pengisian cepat dan cepat dengan baik. Masalah lain dengan pengisian cepat adalah bahan kimia baterai dapat menjadi tidak stabil, dan ini dapat menyebabkan pecah, bocor atau meledak jika baterai dibiarkan pada pengisi daya terlalu lama.

  • step-differential

Pengisian step-differential adalah metode di mana pengisian cepat 1C diterapkan ke baterai. Ketika baterai mencapai ambang pengisian tertentu, baterai dibiarkan mendingin. Ini ditempatkan ke fase istirahat karena jumlah muatan yang lebih rendah ditambahkan. Kemudian, saat baterai mencapai ambang pengisian berikutnya, pengisian akan lebih rendah hingga bahan kimia baterai mencapai pengisian penuh.

  • Pengisian Ultra-Cepat

Pengisian daya ultra cepat adalah teknik pengisian daya yang lebih baru di mana tegangan muatan akan diatur pada 1C hingga 10C. Jenis biaya ini biasanya disediakan untuk baterai khusus karena daya baterai dapat diisi 70% dari 10 menit hingga sekitar 60 menit.

Baca Juga:  Baterai Solid State, Cara Kerja dan Susunan Kimia Baterai Solid State

 

Rate Charging dan Waktu Pengisian

Saat membandingkan NiMH dengan bahan kimia litium, kedua baterai merespons dengan baik terhadap pengisian cepat dan pengisian cepat tanpa mengalami kehilangan kapasitas yang signifikan atau masa pakai yang lebih singkat.

Kimia NiMH

Bahan kimia ini dapat melalui metode pengisian cepat, pengisian cepat, pengisian sangat cepat atau pengisian diferensial bertahap. Tarif dan waktu biaya adalah:

  • Pengisian Cepat: Pengisi daya dapat memberikan kecepatan 0,3-0,5C karena perlu waktu 3-6 jam untuk mengisi daya.
  • Pengisian Cepat: Pengisi daya dapat diatur pada tingkat pengisian 1C karena dapat memakan waktu dari 1 jam atau lebih untuk mengisi penuh.
  • Pengisian Daya Sangat Cepat: Pengisi daya dapat memiliki tingkat pengisian 1C hingga 10C. Baterai dapat diisi hingga 10 menit hingga satu jam karena status pengisian (SoC) hanya akan mencapai 70%.

 

Kimia Lithium

Bahan kimia litium dapat mengalami pengisian daya yang cepat, cepat, dan sangat cepat. Pengisian yang lambat atau menetes harus dihindari karena tegangan yang terlalu rendah akan menyebabkan degradasi dan ketidakstabilan.

  • Pengisian Cepat: Pengisi daya dapat memiliki tingkat kecepatan 0,5C karena akan membutuhkan waktu 3 jam atau lebih untuk mengisi daya.
  • Pengisian Cepat: Bahan kimia litium dapat mengenakan tingkat pengisian hingga 1C, meskipun maksimum untuk pengisian yang aman bisa sekitar 0,7 hingga 0,8 tergantung pada paket baterai. Waktu pengisian dapat berkisar sekitar 1 jam.
  • Pengisian Daya Sangat Cepat: Ada pengisi daya sangat cepat yang tersedia untuk bahan kimia baterai litium. Seperti NiMH, rating pengisian dapat berubah dari 1C menjadi 10C, meskipun disarankan untuk mengenakan rating yang lebih rendah. Diperlukan waktu satu jam atau kurang untuk mengisi daya baterai. Metode ini disediakan untuk baterai khusus.

 

Tips Charging Baterai

Berikut beberapa tip pengisian daya tambahan yang digunakan untuk baterai Anda guna memperpanjang masa pakainya dan untuk menghindari masalah.

  • Selalu isi daya baterai NiMH dan bahan kimia berbasis litium pada suhu ruangan 0 ° -45 ° C (32 ° -113 ° F).
  • Ada kalanya charger off-the-shelf tidak akan menghentikan pengisian daya dengan benar. Selalu periksa baterai untuk melihat apakah hangat dan keluarkan dari pengisi daya.
  • Kimia berbasis nikel dan berbasis litium mengisi daya lebih baik menggunakan metode pengisian cepat atau ultra cepat.
  • Jangan pernah meninggalkan baterai pada pengisi daya selama lebih dari satu hari. Lepaskan baterai dan kemudian isi dayanya saat baterai akan digunakan.

Sumber: epectec.com/Anton Beck

Baca Juga:  Baterai Lithium Silinder Vs Prismatik, Mana yang Efisien?

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker