DownloadNews

Download Buku 50 tahun Ekplorasi Uranium Indonesia

Perkembangan Teknologi Nuklir Indonesia

Buku 50 Tahun Eksplorasi Uranium di Indonesia ini menjadi refleksi perjalanan dan perjuangan panjang eksplorasi dan pengolahan uranium di Indonesia. Banyak hal telah didapatkan selama kurun waktu tersebut.

Link Download 1 (Buku Uranium) : https://drive.google.com/file/d/1jMEOs8jg409jXy8aHPM8tn1B_l0Gc-sz/view?usp=share_link

Link Download 2 (Buku Uranium) : https://penerbit.brin.go.id/press/catalog/view/581/548/11911-1

Dari sisi pengembangan sumber daya manusia, telah banyak dicetak ahli eksplorasi, penambangan, pengolahan uranium, dan pengelolaan lingkungan penambangan. Dari sisi pengembangan keilmuan dan teknologi nuklir, telah banyak paper dan tulisan ilmiah uranium yang dipublikasikan dan menjadi referensi dalam berbagai kegiatan terkait bahan nuklir.

Dari sisi penyediaan sumber daya alam, telah dilakukan estimasi sumber daya uranium yang merupakan kekayaan strategis di Indonesia, yang suatu saat akan dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Baca Juga:  Roket Artemis 1 Gagal Meluncur, Penerbangan Ditunda Karena Masalah Kritikal Ini

Di tengah berkurangnya sumber daya manusia karena banyaknya pegawai kompeten yang pensiun dan adanya kebijakan moratorium PNS beberapa tahun terakhir, terbitnya buku ini seperti menjadi oase di padang pasir.

Buku ini juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu referensi untuk pengambilan kebijakan terkait dengan eksplorasi, penambangan, dan pengolahan uranium di Indonesia.

Sejarah perjuangan eksplorasi di tengah hutan belantara, pembuatan laboratorium terowongan eksplorasi, dan pembuatan pilot plant pengolahan bijih uranium menjadi yellow cake adalah karya besar para pendahulu kita dan merupakan torehan prestasi yang luar biasa.

Buku ini mengupas perjalanan dan sejarah panjang PTBGN dengan tutur bahasa populer, ringan, dan lugas sehingga bisa dinikmati oleh pembaca yang awam terhadap hal ihwal eksplorasi, penambangan, dan pengolahan uranium.

Baca Juga:  NASA Kembangkan 10 KW Solar Panel Array Movable untuk Misi ke Bulan

Buku ini berisi rangkuman kegiatan PTBGN, yang telah berubah menjadi PRTDBBNLR, serta hasil-hasil penelitian dan pengembangan selama kurang lebih 50 tahun, dimulai dari kegiatan eksplorasi uranium pada 1969 di Kalimantan bekerja sama dengan CEA Prancis sampai dengan terwujudnya Pilot Plant Pemisahan Logam Tanah

Jarang, Uranium, dan Thorium (PLUTHO) pada 2016, serta prospek pengembangan industri bahan nuklir dan logam tanah jarang berbasis PLUTHO.

Hasil kerja sama eksplorasi antara CEA Prancis dan BATAN di Kalimantan selama periode 1969 sampai dengan 1977 mendapatkan tiga cebakan uranium.

Pertama, cebakan uranium di Cekungan Kalan, Kalimantan Barat; kedua, cebakan uranium di hulu Sungai Seruyan, Kalimantan Tengah; dan ketiga, cebakan uranium di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Baca Juga:  Ledakan Sinar Gamma yang Sangat Kuat Menyapu Bumi

Cebakan uranium di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah terdapat pada batuan malihan Pinoh berumur Permo-Karbon (345–251 juta tahun lalu), sedangkan cebakan uranium di Kalimantan Timur terdapat pada batuan gunung api berkomposisi asam berumur Eosen Tengah (50 juta tahun lalu).

 

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami