Alat Berat

Excava 50 Mini, Excavator Buatan Pindad dengan Sederet Keunggulan

Spesifikasi Excava 50 dan Fitur Unggulannya

Excava 50 Mini, Excavator Buatan Pindad dengan Sederet Keunggulan. Pasar alat berat Indonesia memang masih didominasi oleh produsen luar negeri. namun sebenarnya Indonesia juga punya perusahaan kelas dunia yang mampu menghasilkan alat berat berkualitas tinggi yaitu PT. Pindad.

PT Pindad sudah membuktikan mampu memproduksi tank dan alat berat militer, juga senjata ringan dan senjata berat. Kini Pindad mulai melirik sektor alat berat, tentu juga untuk menjawab kebutuhan dalam negeri yang terus meningkat.

PT Pindad Persero memperkenalkan secara resmi eskavator varian terbarunya yakni Pindad Excava 50, Mini Excavator kelas 50 ton pada pameran IndoBuildtech Expo di ICE BSD City Kamis, (21/3/2019).

“Kami menargetkan produksi Excava mencapai 300 unit per tahun, dengqn harga jual Rp 600 juta,” kata Direktur Bisnis Produk Industrial PT Pindad, Heru Puryanto.

Pindad Excava 50 tergolong Mini Excavator, yaitu jenis alat berat yang fungsinya untuk menyelesaikan beragam pekerjaan ringan seperti pemindahan saluran pembuangan air, membuang material sisa, mengurug tanah, dan pekerjaan ringan lainnya yang berkaitan dengan konstruksi. Selain itu, Excava ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan perkebunan dan kehutanan.

Baca Juga:  Alat Berat untuk Proyek Konstruksi, Pilih Membeli ataukah Menyewa?

Fitur Unggulan Pindad Excava 50 Mini

Pindad Excava 50 memiliki keunggulan kemudahan mobilisasi, ringan dan mudah dioperasikan. Excava ini memiliki bobot 5 Ton, power 35 kW/2.300 rpm, max. torque 16S Nm/1.650 rpm, traveling speed 3,5 km/h, swing speed 11 rpm dan kapasitas bahan bakar sebanyak 75 liter.

Kapasitas produksi Excava 50 yakni 1 unit/hari. Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40% saat memasuki tahap produksi massal. Excava ini mempunyai basic desain yang serupa dengan Excava 200 kelas 20 ton, tetapi dengan dimensi yang disesuaikan dengan kapasitas yang lebih kecil. Komponen diproduksi didalam negeri sama dengan Excava 200 yang telah beroperasi di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga:  Manajemen Penghematan BBM Alat Berat

Kehadiran Mini Excavator ini melengkapi Varian lainnya yang sudah dihasilkan oleh Pindad yakni Excava 200, Excava Breaker dan Excava Amphibious.

Harga jual Pindad Excava 50 sangat kompetitif dibandingkan dengan produk lain. Ke depan, kebutuhan Mini Excavator semakin meningkat untuk memenuhi permintaan berbagai industry, kebutuhan pembangunan infrastruktur yang saat ini gencar dilakukan, perkebunan serta kehutanan.

 

Spesifikasi Excava 50

DetailDescription
Engine rpm2500 rpm
FuelDiesel Fuel (DIN 51601)
Travel speed3.5  km/h
Ground Clearance471 mm
Grade ability70%
Travel motors2 x Axial Piston, Two step speed
Hydraulic system (max discharge flow)2 x 224 L/min, 1 x 30 L/min
Boom cylinder125 mm x 1300 mm
Arm cylinder140 mm x 1500 mm
Bucket cylinder120 mm x 1070 mm

Tentang PT. Pindad Persero

PT Pindad sebagai perseroan terbatas milik negara dibentuk pada tahun 1983. Perusahaan yang akar sejarahnya telah berdiri sejak masa kolonial Belanda itu, aktif memproduksi berbagai alutsista untuk kebutuhan TNI, dan juga telah mengekspor sejumlah produk unggulannya seperti amunisi, senjata dan kendaraan tempur ke pasar global.

PT Pindad selain menghasilkan alutsista juga memiliki Direktorat yang menghasilkan mesin industri dan alat berat seperti ekskavator, pengait rel kereta api, motor traksi, generator, traktor hingga crane kapal laut.

Kata Kunci:

download foto excavator kecil,excavator mini,excavator mini T 50,harga excavator pindad,mesin excavator pindad,pindad excavator

Baca Juga:  Operator Challenge Caterpillar, Tantangan Operator Alat Berat dari Trakindo

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker