Pertukangan Bangunan

Kegunaan Besi Siku, Mempunyai Daya Support Terbaik

Kegunaan Besi Siku, Mempunyai Daya Support Terbaik. Besi siku sangat umum dijumpai pada ragam aktivitas konstruksi, namun seringkali banyak orang kurang memahami secara detil tentang fungsi dan kegunaan besi siku.

Besi jenis ini adalah besi yang memiliki bentuk siku-siku 90 derajat, sesuai dengan namanya. Bentuknya seperti huruf L yang bervariasi, dan biasanya dipakai lebih sebagai support untuk struktur yang lainnya sehingga tak mudah roboh. Besi tipe ini sering juga disebut dengan angle bar.

Besi Siku ini bentuknya plat yang datar, dan biasanya memiliki panjang sampai 6 meter. Meski demikian, besi ini bisa lebih panjang dan pendek tergantung dari penggunaannya, demikian juga dengan ketebalannya.

Di permukaannya, besi seperti ini biasanya juga sudah diolah sedemikian rupa sehingga tahan dengan erosi dan korosi. Sebagai efeknya, besi ini bisa bertahan sampai waktu yang sangat lama, bahkan bertahun-tahun. Makanya, besi berbentuk siku ini sangatlah penting untuk melindungi bagian-bagian ujung dan tepi struktur. Untuk lebih jelasnya, mari lihat apa saja manfaat dari besi siku ini:

  • Digunakan dalam konstruksi untuk rak yang penuh dengan barang-barang berat.
  • Banyak dipakai untuk konstruksi kanopi di rumah-rumah pribadi sebagai penguat struktur.
  • Menjadi pendukung atau support vertikal maupun horizontal untuk struktur yang bentuknya silinder seperti menara radio dan peralatan pemancar lainnya.
  • Digunakan sebagai salah satu cara untuk memindahkan barang berat dari satu poin ke poin lainnya, terutama dalam industri pertukangan.
  • Support untuk bangunan yang tinggi seperti pencakar langit.
Baca Juga:  Peralatan Bangunan yang Wajib Dimiliki Kontraktor

Menarik melihat banyaknya fungsi yang bisa dilakukan oleh besi yang berbentuk siku ini, bukan? Penggunaan yang bermacam-macam ini sangat tergantung dari bentuk besi ini sendiri. Sebabnya, meskipun bentuk dasarnya sama, ternyata angle bar ini juga memiliki beberapa tipe bentuk yang berbeda-beda. Ini dia beberapa di antaranya:

  1. Angle bar sama sisi, besi ini memiliki sisi yang membentuk L dan kedua sisinya sama panjangnya. Anda akan paling sering melihat bentuk yang seperti ini.
  2. Angle bar tak sama sisi, mirip seperti yang sama sisi, hanya saja panjang kedua sisinya tak sama, di mana yang satu lebih pendek dibandingkan dengan yang lain.
  3. Angle bar lubang, meskipun bentuknya juga L, namun besi ini memiliki lubang-lubang di setiap sisinya. Gunanya adalah untuk menempatkan baut maupun drat di besi tersebut. Anda akan sering melihatnya untuk konstruksi rak.
Baca Juga:  Biaya Pondasi Per Meter, Perhitungan Biaya Pondasi Penerus untuk Rumah

Apakah besi jenis ini termasuk mahal? Semua itu jelas tergantung dari ukuran, ketebalan, dan juga jenisnya. Anda telah melihat sendiri bahwa jenis-jenis besi ini ada lebih dari satu, dan fungsinya pun juga berbeda-beda. Tentu saja setiap jenisnya akan menghasilkan harga berbeda.

Untuk siku dengan ukuran 30×30 BC misalnya, harganya sekitar Rp22 ribuan, sementara yang 30×30 FULL harganya mencapai Rp30 ribuan. Anda harus bertanya sendiri pada penjualnya. Karena banyaknya tipe dan kualitas besi siku, ada baiknya menanyakan secara detil kepada penjual agar sesuai dengan kebutuhan.

Kata Kunci:

kegunaan besi siku lubang,besi siku siku,Cara menggunakan siku L,kegunaan plat siku lubang,kelebihan besi siku untuk rancang bangun rangka mesin,kontroksi bangunan besi siku,membedakan siku rak siku lubang,penggunaan besi siku

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker