Tips & Trik

Tips Membeli Pintu Kayu Agar Tidak Susut dan Melengkung

Panduan Membeli Pintu Kayu

Tips membeli pintu kayu agar tidak susut dan melengkung. Pintu kayu masih digunakan hampir sebagian besar properti. Meslipun banyak produk olahan pengganti kayu untuk pintu namun pintu kayu masih belum tergantikan dari segi keindahan dan motifnya.

Kayu sebagai material pintu mempunyai beragam keunggulan. Kayu sangat mudah dibentuk sehingga beragam motif dan desain pintu bisa diterapkan. Pengerjaan kayu tidak memerlukan peralatan berteknologi tinggi, bisa dilakukan oleh tukang terampil bahkan dengan peralatan sederhana.

Selain itu kayu mempunyai motif serat natural yang belum bisa ditandingi oleh material apapun. Pintu kayu juga bisa difinishing dengan beragam material finishing, mulai dari melamin, hingga lacquer atau cat duco.

Namun, seringkali terjadi masalah yang sering dialami oleh pemilik rumah atau properti. Yaitu pintu sulit ditutup akibat muai dan susut atau pintu menjadi melengkung dan berubah dari bentuk awalnya.

Baca Juga:  Kontrak Kerja Proyek, Panduan untuk Kontraktor dan Pemilik Proyek

Masalah lain yang sering muncul adalah sambungan antar kayu yang retak dan terbuka, sehingga merusak estetika keindahan pintu.

Berbagai persoalan teraebut sebenarnya hanya bersumber dari satu hal yaitu kayu belum cukup kering saat pengerjaan. Kayu jika mau dibuat pintu mensyaratkan kekeringan hingga 12%. Tingkat kekeringan ini hanya bisa dicapai dengan pengeringan menggunakan oven atau kiln dry. Pengeringan secara alami bisa juga dilakukan namun memerlukan waktu yang cukup lama dan ini bagi produsen tentu menghambat dari segi waktu.

Beberapa produsen skala kecil atau rumahan biasanya mengeringkan kayu dengan cara disusun dan antar kayu diberi stick untuk sirkulasi udara. Ada juga yang disusun vertikal dan dijemur, pengecekan kadar kekeringan biasanya hanya dilakukan melalui kesan raba tanpa menggunakan mc meter atau alat uji.

Tips Membeli Pintu Kayu: Wajib Kering Oven (Kilnd Dried)

Pengeringan kayu adalah suatu proses pengeluaran air dari dalam kayu hingga mencapai kadar air yang seimbang dengan lingkungan dimana kayu akan digunakan tanpa menurunkan kualitas kayu tersebut.

Baca Juga:  Cara Membuat Kolam Renang di Halaman Belakang Rumah

Keuntungan utama mengeringkan kayu sebelum dijadikan produk, antara lain :

Keuntungan utama mengeringkan kayu sebelum dijadikan produk, antara lain :

  • Membebaskan kayu dari serangan jamur.
  • Menstabilkan dimensi kayu, sehingga kayu tidak akan lagi mengalami perubahan bentuk, retak maupun pecah.
  • Menjadikan warna kayu lebih cerah/terang.
  • Rendemen produk berkualitas baik meningkat.
  • Memudahkan kayu untuk dicat dan dipelitur (finishing).

Kenapa material pintu harus wajib kering maksimal? Sebab pintu bukan furniture yang selalu diam, dia akan terus dibuka tutup, sehingga ketika terjadi susut kayu maka akan menjadi masalah sulit ditutup.

Oleh karena itu sebelum membeli atau memesan pintu harus perhatikan hal-hal berikut:

  • Belilah pintu kayu dari usaha rumahan, ¬†ukm atau pabrikan yang menerapkan standar mutu yang jelas.
  • Tanyakan apakah kayunya cukup kering dan memberi garansi perbaikan jika pintu susut atau melengkung.
  • Bila memungkinkan kunjungi workshop dan lalukan pengecekan terhadap material kayu.
  • Pintu kayu yang kering beratnya cukup ringan bahkan 3 kali lebih ringan dari kayu basah ini berlaku untuk hampir semua jenis kayu termasuk jatu dan meranti.
  • Pesan pintu yang materialnya tidak terdapat hati kayu atau retak ujungnya.

Demikian tips membeli pintu kayu agar terhindar dari pintu susut atau melengkung. Semoga bermanfaat.

Kata Kunci:

cara agar pintu tidak melengkung,Kayu gergajian agar tidak melengkung,mrngatasi agar papan tidak susut,trik membuat pintu kayu

Baca Juga:  Pintu Kayu Kurang Panjang? Begini Cara Menambah Panjang Pintu

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker