Konstruksi

Mencegah Keterlambatan Jadwal Konstruksi, Begini Strateginya!

Tips mencegah molornya jadwal proyek konstruksi

Mencegah Keterlambatan Jadwal Konstruksi, Begini Strateginya. Penundaan jadwal konstruksi adalah masalah umum dalam industri ini. Seperti dilaporkan oleh McKinsey and Company, Rata-rata proyek konstruksi mengalami keterlambatan minimum 20 bulan dan kelebihan anggaran 80%.

Menurut International Journal of Project Management, ada 28 penyebab berbeda untuk keterlambatan konstruksi, membuktikan bahwa ada sejumlah besar parameter yang perlu dipertimbangkan ketika proyek konstruksi sedang dikembangkan.

Lebih buruk lagi, setiap jenis keterlambatan datang dengan sejumlah konsekuensi serius untuk kemajuan suatu proyek. Lebih analitis, berikut adalah beberapa contoh dengan beberapa masalah yang paling menonjol yang mungkin mengikuti penundaan proyek dalam konstruksi:

  • Upah buruh tambahan
  • Biaya tambahan untuk bahan dan penyimpanan
  • Sengketa hukum
  • Masalah arus kas
  • Kerusakan reputasi untuk pihak-pihak yang terlibat

Terlepas dari jenis proyek, pekerjaan administrasi yang berlebihan dan jam pertemuan yang tidak pernah berakhir tampaknya menjadi dua faktor utama yang menyebabkan banyak penundaan jadwal dalam konstruksi. Bagian terburuk adalah bahwa bagi banyak pemangku kepentingan di industri ini dianggap sebagai “bagian dari pekerjaan”.

Baca Juga:  Tes Tanah Konstruksi Bangunan, Bagaimana Prosedurnya?

Tentu saja, kepercayaan seperti itu masih jauh dari akurat karena banyak dari pertemuan ini dan pekerjaan admin bisa dihilangkan dengan digitalisasi proses pelaporan. Berikut adalah langkah yang memungkinkan untuk Mencegah Keterlambatan Jadwal Konstruksi:

 

1. Mencegah Keterlambatan Jadwal Konstruksi dengan Go Digital

Orang-orang dalam konstruksi menghabiskan 40% waktu mereka mencari pembaruan, menulis laporan, atau sekadar menghadiri rapat. Karena budaya menyalahkan yang kuat dan kurangnya kepercayaan dalam hubungan kontraktual, meluangkan waktu untuk menulis laporan juga membantu mengurangi risiko berakhir di pengadilan.

Tetapi tidak harus seperti itu. Dengan mendigitalkan pelaporan progress, tim dapat berhenti membuang waktu dalam pertemuan yang membingungkan untuk menyusun satu laporan.

Memungkinkan setiap orang untuk melaporkan kemajuan secara real time dari lapangan akan memungkinkan agen proyek tetap berada di halaman yang sama dan memberi Anda kemampuan untuk membuat laporan kemajuan yang terinformasi dengan baik hanya dalam beberapa klik.

 

2. Mengurangi beban kerja admin

perlu dipahami bahwa lebih sedikit pekerjaan admin sama dengan lebih sedikit waktu yang terbuang dan dengan perpanjangan penundaan jadwal yang lebih sedikit. Memproduksi dokumen rapat, laporan kemajuan, pengarahan, dan pekerjaan administratif lainnya tidak boleh menjadi tugas utama dari sebuah tim proyek.

Kita ingin membuat perbedaan dan memberikan proyek yang berhasil dalam waktu dan anggaran. kita dapat mewujudkannya dengan mengadopsi cara kerja berbasis data.

 

3. Mencegah Keterlambatan Jadwal Konstruksi: Tools dan Software

Alat seperti WhatsApp, Excel atau email mungkin sangat berguna untuk kehidupan pribadi kita atau untuk tugas kantor tertentu tetapi mereka tidak dirancang untuk konstruksi. Dengan menggunakan alat ini, data yang dibagikan antara tim tamu Anda bersifat statis. Software dan tools khusus konstruksi akan membuat pekerjaan lebih mudah, transparan, dan terintegrasi.

 

4. Standarisasi Sistem dan Proses Pekerjaan

‘Ada satu hal yang mutlak perlu dilakukan oleh perusahaan konstruksi. Mereka harus mulai standarisasi bahkan sebelum menggunakan teknologi. Kalau tidak, mereka hanya membuang teknologi apa pun yang mereka miliki di luar jendela! ‘, Jelas Thomas Goubau, ahli manajemen konstruksi.

Dalam kebanyakan kasus, orang dalam konstruksi menganggap proses pra-desain dan standar sebagai terlalu sulit atau tidak berguna dan semua orang ingin melakukan sesuatu dengan cara mereka. Itu berasal dari kepercayaan salah bahwa setiap proyek adalah 100% unik, meskipun 80% prosesnya selalu sama.

Menstandarkan sistem dan proses akan membantu Anda menentukan prinsip-prinsip inti dari proyek sehingga kita dapat menjadikan “tepat waktu” sebagai kebiasaan utama untuk bisnis ini dan selalu memiliki konteks operasional yang kuat untuk semua subbies dan spesialis konstruksi yang berbeda.

Baca Juga:  Wika Gedung Gunakan Teknologi Modular untuk Rumah Sakit Covid 19

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker