Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Pengelasan & Welding

Setting Las GTAW Atau TIG Welding Berdasarkan SOP

Setting Las GTAW Atau TIG Welding Berdasarkan SOP. Las TIG ( Tungsten Inert Gas Welding) adalah nama dalam bahasa Inggris untuk Wolfram Inert Gas (WIG schweissen) dalam bahasa Jerman atau kalau dalam bahasa Indonesia dapat kita sebut sebagai las busur gas elektroda tungsten. Istilah populernya adalah Gas Tungsten Arc Welding (GTAW) . GTAW sangat sesuai untuk pengerjaan baja paduan tinggi dan logam bukan besi atau paduan dari padanya.

Pada las GTAW penyebaran panas yang berlebihan pada benda kerja dikurangi dengan adanya penambahan gas pelindung inert yang sekaligus sebagai gas pendingin. Las GTAW menggunakan elektroda tetap (tidak mencair pada saat proses pengelasan) yaitu elektrodanya terbuat dari logam wolfram (tungsten) dan gas pelindung yang digunakan berupa gas inert (netral).

Sebelum digunakan setting las gtaw harus mengikuti petunjuk keamanan yang telah ditetapkan. Sebab banyak komponen las GTAW yang sangat sensitif terutama tabung gasnya.

Baca Juga:  Mesin Plasma Cutting, Alat Pemotong Logam Murah Tanpa Gas Berbahaya

cara setting las gtaw

Setting Las GTAW atau TIG

Standar operasional prosedur (SOP) dalam merangkai perangkat mesin las GTAW sebagai pedoman sebagai berikut:

  • Mengecek kondisi semua komponen perangkat las GTAW mulai dari kondisi konektor sumber listrik, kabel-kabel, ketersediaan gas, regulator gas, slang gas, mesin las dan panel kontrolnya, sistem pendinginnya, pembakar las, elektroda tungsten, dan klem masa. Semuanya harus dalam kondisi baik dan siap pakai, bila perlu dibuatkan ceklis kondisi alat.
  • Menghubungkan paket slang ke mesin las termasuk sambungan saluran gas dan air pendingin
  • Menghubungkan kontrol remot baik yang sistem pedal kaki atau setelan dengan tangan
  • Menghubungkan kabel masa ke mesin dan klem masa ke meja las atau benda kerja
  • Memilih polaritas pengelasan, untuk pengelasan aluminium tombol diarahkan ke arus las bolak-balik (AC), untuk pengelasan baja dan baja paduan tombol diarahkan ke arus las searah (DCEN)
  • Menyiapkan eletroda tungsten
  • Merakit pembakar las, melonggarkan tutup pembakar las dan melepas tungsten dari pembakar. Melepaskan nozle dan kolet tembaga dari pembakar. Memasang kolet dan dudukannya ke pembakar dengan kencang. Memasang nozle kembali ke pembakar. dan memasang elektroda tungsten kedalam kolet pembakar las dengan kemunculan ujung elektroda 3 – 6 mm atau tidak lebih dari diameter dalam nosel gas, dan mengencangkan tutup pembakar las.
  • Setelah memastikan botol gas pada posisi dan kondisi aman, membuka sebentar katup gas untuk mengeluarkan kotoran dan dilanjutkan memasang regulator gas (penyetel aliran gas belum dibuka) pada botol gas dan menghubungkan dengan slang ke mesin las. Mengecek kerapatan sambungan slang gas (dengan air sabun).
  • Mengecek dan menghubungkan konektor daya utama, memastikan catu daya tersambung ke mesin. Menghubungkan ke stopkontak listrik yang sesuai, atau menghubungkan sesuai dengan prosedur yang diberikan dalam buku manualnya.
  • Menghidupkan mesin melalui tombol utama, membuka katup gas dan menyetel aliran gas melalui penyetel aliran gas di regulator gas dan tombol cek gas di panel mesin.
  • Menyiapkan benda kerja untuk uji coba, mencoba penyalaan busur dan menyetel kuat aru las.
Baca Juga:  Mengenal Jenis Las TIG dan Panduan Dasar TIG Welding (Tungsten Inert Gas)

Kata Kunci:

sop tig welding,menyeting mesin las tig 220a,menyeting las,materi sop basic welding,macam macam pembakar las gtaw,cara welding gtaw,cara stelan las tig,cara setting tig alumunium,Cara setting mesin welding miyachi,Stelan gas untuk las gtaw

Komentar

comments

Tags
cara memasang alat las gtaw cara mengelas GTAW cara setting las TIG panduan dan SOP mesin Las GTAW panduan memasang alat las gtaw Setting las GTAW

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker