Konstruksi

Trend Dunia Konstruksi 2019, Mulai Drone Hingga Software Konstruksi

Trend Dunia Konstruksi 2019, Mulai Drone Hingga Software Konstruksi. Pembangun dan kontraktor ingin mengikuti tren industri konstruksi terbaru sehingga mereka dapat tetap terdepan dalam persaingan. Berikut adalah sembilan trend Dunia Konstruksi 2019 yang dapat memengaruhi cara Anda menjalankan bisnis di 2019.

Software Manajemen Konstruksi yang Lebih Baik

Perangkat lunak manajemen konstruksi terus meningkat selama beberapa tahun terakhir, dan sekarang banyak paket yang terjangkau yang menggabungkan perangkat lunak untuk penawaran dan estimasi, manajemen proyek, pesanan perubahan, penjadwalan, sumber daya manusia, penagihan, akuntansi dan banyak lagi. 2019 akan melihat lebih banyak perusahaan besar dan kecil memanfaatkan solusi perangkat lunak terintegrasi yang terjangkau.

 

Trend Dunia Konstruksi 2019: Penggunaan Drone

Drone yang dilengkapi kamera dan elektronik lainnya dapat mengakses lokasi terpencil, mengumpulkan data, menyelesaikan inspeksi keselamatan, menangkap kemajuan proyek dan banyak lagi lainnya.

Surveyor menggunakannya untuk membuat pemetaan 3d atau gambar yang nantinya dapat digunakan untuk menggambarkan suatu area.

Apalagi dengan semakin muragnya harga drone yang berspesifikasi tinggi.  penggunaannya jelas akan meningkat pada 2019.

 

Desain Hijau dan Teknologi Konstruksi

Setiap proyek konstruksi diharapkan dapat meningkatkan partisipasi mereka melalui desain hijau yang mengarah ke sertifikasi LEED. Tren yang dimulai beberapa tahun yang lalu ini akan terus meningkat pada tahun 2019. Inti dari desain dan konstruksi hijau adalah upaya untuk menciptakan proyek-proyek konstruksi yang hemat sumber daya dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Ini mencakup setiap aspek konstruksi, termasuk perencanaan dan desain, pembongkaran, dan pembersihan.

Dengan 20 persen emisi global yang secara langsung dikaitkan dengan industri konstruksi, praktik-praktik bangunan hijau dapat memberikan jalan yang jauh ke arah mendukung, bukannya merusak, lingkungan — terutama pada saat bangunan tua membuat konstruksi baru menjadi sangat penting.

Baca Juga:  Penawaran Proyek Konstruksi, Tips Mengajukan Penawaran Proyek

 

Trend Dunia Konstruksi 2019: Keberlanjutan atau Sustainability

Terkait erat dengan teknologi hijau, keberlanjutan dapat didefinisikan sebagai kebijakan yang lebih luas dalam menggunakan metode dan model bisnis yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Sementara praktik bangunan “hijau” benar-benar terfokus pada pengurangan jejak karbon dari proyek konstruksi tertentu, keberlanjutan memiliki tujuan yang lebih luas. Di antara elemen praktik pembangunan berkelanjutan:

  • Pelestarian lingkungan alam
  • Penggunaan sumber daya secara efisien
  • Mempromosikan kemajuan sosial dan budaya

Misalnya, proyek konstruksi yang berkelanjutan dapat menampilkan desain bangunan yang bertujuan membawa cahaya alami ke pusat bangunan, sehingga mengurangi biaya listrik. Atau, sebuah bangunan dapat dirancang untuk menggunakan kembali air yang mengalir dari bak cuci hingga toilet siram. Beberapa proyek berkelanjutan berupaya mengintegrasikan struktur yang ada ke dalam proyek baru, atau memanfaatkan bahan bangunan yang didaur ulang atau digunakan ulang.

Meningkatnya minat dalam keberlanjutan oleh konsumen dan klien milenial akan membutuhkan perusahaan konstruksi yang berpikiran maju untuk mengakomodasi tren ini pada tahun 2019.

Trend Dunia Konstruksi 2019: Modular, Bangunan Pracetak

Pada tahun 2019, konstruksi dengan unit bangunan modular dan prefabrikasi akan mendapatkan lebih banyak pengikut dan penggemar di industri real estat dan konstruksi. Di gedung tempat tinggal, konstruksi modular dapat menawarkan manfaat khusus bagi para profesional dan generasi muda yang mencari perumahan baru di luar kota, di pinggiran kota terpencil dan daerah pedesaan di mana mereka dapat menikmati kontak lebih dekat dengan alam.

Baca Juga:  Panel surya untuk konstruksi jalan raya. Solusi listrik murah masa depan

Rumah modular yang dibangun di luar lokasi mengurangi dampak terhadap lanskap dan menawarkan cara yang lebih cepat untuk mengembangkan daerah perumahan. Karena komponen dibangun di lingkungan pabrik, penundaan cuaca hampir tidak ada. Selain itu sangat sedikit limbah karena sisa dan bahan sisa segera didaur ulang. Rumah modular cenderung lebih murah dan lebih cepat untuk dibangun, karena tim akan terbiasa dengan metode perakitan.

Beberapa rumah modular bahkan dapat dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain. Konstruksi modular juga semakin banyak digunakan dalam konstruksi komersial, seperti terlihat di gedung 461 Dean di New York, konstruksi 32 lantai yang dibangun dengan komponen modular.

 

Kenaikan Biaya Bahan Bangunan

Biaya bahan bangunan akan terus meningkat hingga 2019, tren yang dimulai pada Desember 2017, yang mengarah pada kenaikan 9 persen selama 2018. Peningkatan biaya terbesar akan terlihat pada besi, baja, produk baja pabrikan, dan kayu konstruksi kayu.

 

Trend Dunia Konstruksi 2019: Pengurangan Tenaga Kerja

Kekurangan tenaga kerja konstruksi yang terampil akan terus menjadi masalah pada tahun 2019.

Kontraktor akan merasa perlu berinvestasi dalam pelatihan untuk membekali pekerja yang ada dengan keterampilan yang diperlukan, dan mereka perlu berinvestasi dalam alat dan upah yang lebih tinggi yang diperlukan untuk menjaga agar para pekerja itu puas dan produktif. Pelatihan dan pengembangan SDM perlu menjadi bagian integral dari kebijakan setiap perusahaan konstruksi pada tahun 2019.

Baca Juga:  Fabrikasi Struktur Baja, Proses dan Tahapan Fabrikasi Struktur Baja

 

Peralatan Keamanan yang Lebih Baik

2019 akan melihat dorongan ke arah peralatan keselamatan yang lebih baik untuk menghadapi semakin banyak kecelakaan dan kematian terkait konstruksi yang terlihat dalam beberapa tahun terakhir.

Misalnya, sekarang ada sepatu kerja “pintar” yang tersedia dengan pemancar GPS yang akan memungkinkan pengawas untuk melihat pekerja yang jatuh atau melambat karena kelelahan. Teknologi ini akan menjadi semakin umum pada tahun 2019.

Kualitas kain pelembab dan rompi pendingin juga meningkat. Drone dan peralatan survei robot lainnya akan memudahkan Anda menemukan masalah di lokasi kerja.

Anda juga dapat melihat peningkatan penegakan peraturan yang bertujuan untuk mengurangi peningkatan insiden kecelakaan di lokasi kerja.

 

Building Information Modelling (BIM)

Ada satu alat tunggal yang dapat meningkatkan efektivitas dan kolaborasi tidak seperti alat lain: BIM (membangun pemodelan informasi). BIM adalah teknik membuat representasi komputer dari bangunan, jalan, dan utilitas. Ini digunakan oleh arsitek dan insinyur untuk memprediksi biaya pekerjaan dan menunjukkan bagaimana bahan bangunan dan struktur akan bertahan lama. Pemilik gedung juga dapat menggunakan BIM untuk mengembangkan jadwal perawatan.

BIM tidak hanya meningkatkan kolaborasi tetapi juga mengurangi biaya konstruksi dan mempromosikan proses pembangunan yang lebih aman dan lebih cepat serta insiden keselamatan yang lebih sedikit. BIM akan segera menjadi persyaratan konstruksi dan kode bangunan. Jika Anda belum siap BIM, cobalah untuk mendapatkan sub-kontraktor yang bisa menjadi ahli BIM Anda.

Kata Kunci:

proyek lagi buming,trend projek anajemen

Komentar

comments

Tags

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker