Tips & Trik

Cara Merawat Mesin Gerinda Agar Awet & Selalu Optimal

Cara merawat Mesin Gerinda Secara Benar

Cara Merawat Mesin Gerinda Agar Awet & Selalu Optimal. Sebelum kami menjelaskan tentang Cara merawat mesin gerinda tangan agar tetap awet, alangkah baiknya kami mejelaskan apa itu gerinda tangan terlebih dahulu. Gerinda tangan adalah alat yang sangat berguna untuk memotong, memoles dan mengamplas berbagai bahan material.

Seperti kebanyakan pengguna mesin gerinda yang pemakaiannya digunakan untuk pengaplikasian DIY di rumah maupun dibengkel kecil sampai dengan bengkel besar sekalipun. Tak khayal mesin gerinda tangan banyak sekali peminatnya baik untuk kebutuhan pribadi maupun komersil.

Prinsip kerja gerinda adalah ketika batu gerinda berputar dan bersentuhan dengan benda atau media kerja akan terjadi pengikisan yang berupa pemotongan, pengasahan atau penajaman. Pada umumnya fungsi mesin gerinda adalah memotong benda kerja, meratakan, menghaluskan permukaan benda kerja dan bisa juga digunakan untuk mengasah alat potong agar tajam.

Tak hanya gerinda tangan, Gerinda dalam hal ini memiliki berbagai macam jenis, terdapat juga jenis kategori gerinda lainya seperti gerinda duduk dan gerinda botol. Dan masing-masing  mempunyai kinerja yang berbeda-beda. Kebanyakan pemilik mesin ini, selain digunakan untuk memfinishing dengan cara memoles. Biasanya menggunakan gerinda tangan sebagai gerinda potong. Baik itu untuk memotong besi maupun jenis media lainya.

Baca Juga:  Cara Memasang AC Split dengan Mudah dan Tepat

Beberapa Cara Merawat Gerinda Tangan

Dengan berbagai macam keperluan gerinda tangan merupakan power tools yang sering sekali digunakan pada pekerjaan perbengkelan. Baik itu bengkel las maupun karoseri mobil dan sejenisnya. Oleh sebab itu penting sekali melalukan perawatan pada gurinda tangan agar tetap awet. Berikut ini beberapa tips/cara merawat mesin gerinda, antara lain:

  • Bersihkan Mesin Gerinda Setelah Pemakaian

Dalam hal ini membersihkan mesin gerinda sering di sepelekan, Oleh karena itu sering terjadi kesalahan teknis pada saat menggunakannya jika tidak kunjung melakukan kegiatan ini. Seperti halnya tuas atau saklar power yang macet, mesin yang terdengar kasar, dan filter udara yang tersumbat jika tidak dibersihkan. Tentunya bisa mengakibatkan mesin mudah panas.

Membersihkan mesin gerinda setelah pemakaian membuat motor atau mesin gerinda kalian tetap terjaga. Karena logikanya jika debu menumpuk pada gerinda terutama pada mesin, maka kinerja mesin akan semakin berat dan tentunya mebuat mesin akan cepat memanas. Karena banyak sekali partikel yang bisa menghambat jika tidak dibersihkan.

  • Berikan Gemuk Pada Mesin Secara Berkala
Baca Juga:  Mengurus IMB, Panduan Mengurus Ijin Mendirikan Bangunan

Secara teknis mesin gerinda tangan memiliki mekanis gerigi pada mesinnya yang membuat mesin berputar. Oleh karena itu penting untuk memelihara gerigi-gerigi rotasinya, agar tetap bekerja maksimal. Jika kalian lupa atau malah tidak pernah memberikan gemuk dengan cara menambah atau menganti pada mesin gerinda.

Maka menyebabkan gerigi pada rotasi mesin akan mudah terkikis. Berbeda dengan melakukan perawatan, dengan memberikan gemuk pada mesin secara berkala. Membuat gerigi pada mesin gerinda tetap terjaga dan tidak mudah terkikis. Maka membuat mesin gerinda tangan kalian akan tetap awet dan bisa membuat daya pakainya semakin lama.

  • Jangan Memaksakan Gerinda Tangan Dengan Tekanan

Gunakanlah mesin gerinda kalian sesuai dengan petunjuk pemakaian, karena jika terlalu dipaksakan dengan melakukan tekanan membuat mesin gerinda akan bekerja berat. Dan lama kelamaan akan mengakibatkan haus pada mesin gerinda tangan kalian. Haus pada mesin timbul ketika mesin gerinda terlalu panas ketika pemakaian dan bisa merusak mesin.

Prinsip kerjanya, ketika gerinda tangan semakin ditekan maka beban yang diterima pada motor mesin akan semakin berat sehingga mesin akan semakin cepat memanas. Panasnya mesin gerinda bisa mengakibatkan cepat merusak mesin, dan bahkan bisa membakar motornya. Oleh karena itu jangan memaksakan gerinda tangan kalian, maka gunakanlah sewajarnya saja.

  • Segera Ganti Karbon Brush Jika Mesin Mulai Melemah
Baca Juga:  Perlukah Menyewa Pengawas Proyek untuk Pekerjaan Property?

Faktor yang paling penting pada unit mesin gerinda tangan adalah karbon brush. Jika karbon brush kalian habis maka mesin akan mati dan otomatis mesin gerinda tidak bisa digunakan. Memang jarang sekali pengguna memperhatikan hal ini, karna biasanya menunggu sampai mesin mati. Padahal ada sedikit jeda ketika carbon brush pada mesin gerinda tangan habis dan benar-benar mati.

Untuk peringatannya yaitu ketika mesin gerinda tangan putarannya tiba-tiba melemah. Kemudian segeralah matikan mesin gerinda tangan kalian, dan segera periksa carbon brush pada mesin lalu menggantinya. Jangan sampai ketika mesin gerinda mulai melemah terus dipaksakan karena bisa merusak motor gerinda jika kawat pada karbon brush yang benar-benar habis terselip pada mesin.

Demikianlah artikel yang kami buat untuk kalian, semoga bisa bermanfaat dan bisa langsung dipraktekan jika sudah memiliki mesin gerinda tangan. Dan jika belum, alangkah baiknya menyerap informasi yang kami berikan. Akhir kata sekian dan terimakasih.

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami