News

IBM Luncurkan Komputer Kuantum Osprey Paling Cepat di Dunia

Dengan kekuatan 433 qubit, Osprey IBM adalah prosesor kuantum tercanggih di dunia

IBM telah meluncurkan prosesor kuantum paling kuat di dunia – Osprey, yang membanggakan 433 bit kuantum (qubit) yang masif. Chip baru ini menjadi berita utama sejumlah kemajuan dalam komputer kuantum yang telah diumumkan perusahaan, karena bersiap untuk lompatan besar tahun depan.

Meskipun mereka telah melayani kami dengan baik selama beberapa dekade, komputer tradisional semakin berkurang dibandingkan dengan komputer kuantum pemula yang masih muda. Di mana yang pertama menyimpan dan memproses data dalam bit biner, sebagai nol dan satu, yang terakhir menggunakan qubit yang bisa menjadi nol, satu atau keduanya sekaligus.

Ini secara eksponensial meningkatkan kekuatan pemrosesan untuk setiap qubit yang ditambahkan, memungkinkan mereka untuk berpotensi melakukan perhitungan yang tidak mungkin dilakukan oleh komputer konvensional.

Baca Juga:  Roket Artemis 1 Gagal Meluncur, Penerbangan Ditunda Karena Masalah Kritikal Ini

Dengan kekuatan 433 qubit, Osprey IBM adalah prosesor kuantum tercanggih di dunia dengan margin yang besar. Ini mengemas qubit dua kali lebih banyak dari pemegang rekor sebelumnya – Borealis Xanadu, yang diuji dengan 216 qubit – dan lebih dari tiga kali lebih banyak dari Eagle IBM sendiri, yang diumumkan tahun lalu, yang mengemas 127 qubit.

Osprey memiliki arsitektur yang mirip dengan pendahulunya, terdiri dari satu lapisan qubit di atas beberapa lapisan kabel kontrol, yang membantu menjejalkan lebih banyak qubit sambil mengurangi tingkat kesalahannya. Sistem penyaringan terintegrasi kini telah ditambahkan, yang membantu mengurangi kebisingan dan meningkatkan stabilitas perangkat.

IBM mengatakan kemampuan pengolah angka mesin ini jauh melampaui komputer tradisional mana pun, mengklaim bahwa untuk mewakili keadaan pada prosesor Osprey, komputer biasa akan membutuhkan lebih banyak bit daripada jumlah atom di alam semesta yang diketahui.

Baca Juga:  Mitrex Launching Panel Surya Atap Berbentuk Genteng Siap Pakai

IBM juga mengumumkan beberapa perubahan lain pada sistem kuantumnya. Di sisi perangkat lunak, koreksi kesalahan telah diperbaiki dan pengguna diberi kemampuan untuk lebih mudah memilih antara peningkatan kecepatan atau presisi. Perangkat keras sistem kontrol keseluruhan telah ditingkatkan untuk mengontrol 400 qubit per rak, dengan harga lebih murah dari versi sebelumnya.

Betapapun mengesankannya pembaruan tahun ini, IBM memandang tahun depan sebagai titik balik yang sebenarnya. Peta jalan perusahaan mengatakan bahwa prosesor kuantum tahun depan, Condor, akan membanggakan 1.121 qubit yang menakjubkan. Juga pada kartu adalah prosesor modular yang disebut Heron, yang dapat menumpuk beberapa unit 133-qubit bersama-sama untuk membuat prosesor kuantum yang lebih bertenaga.

Baca Juga:  Operator Challenge Caterpillar, Tantangan Operator Alat Berat dari Trakindo

Dan terakhir, IBM Quantum System Two akan dirilis menjelang akhir tahun 2023. Sistem modular ini akan membentuk kerangka kerja superkomputer kuantum perusahaan, menampung banyak prosesor dengan hubungan komunikasi di antara mereka. Ini semua adalah batu loncatan menuju rencana IBM untuk membangun sistem kuantum dengan lebih dari 4.000 qubit pada tahun 2025.

 

Builder Indonesia

Builder ID, Platform Online terdepan tentang teknologi konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Non Aktifkan Adblocker untuk Bisa membaca Artikel Kami